Ende  

Anda takut divaksin? Yuk, Simak Pengalaman Olive, Nakes Puskesmas Kota Ende

Avatar photo
Olive, salah satu Tenaga Kesehatan Puskesmas Kota Ende, memegang Kartu Vaksinasi Covid-19 setelah disuntik SInovac (08/02/21)
Olive, salah satu Tenaga Kesehatan Puskesmas Kota Ende, memegang Kartu Vaksinasi Covid-19 setelah disuntik vaksin SInovac (08/02/21)

Pemerintah Kabupaten Ende telah mendistribusikan vaksin Covid-19, Sinovac, kepada Tenaga Kesehatan (Nakes). Beberapa Puskesmas dalam Kota Ende yang telah menerima langsung melakukan penyuntikan di wilayah kerja masing-masing (08/02/21).

Penyuntikan kepada para Nakes secara garis besar berlangsung aman. Para Nakes terlihat antusias tanpa kecemasan sama sekali.

Olive, Nakes di Puskesmas Kota Ende, merupakan salah satu dari 30 Nakes yang disuntik pada hari pertama.

Olive menceritakan, dirinya hadir mengikuti vaksinasi tanpa rasa gelisah sedikit pun. Gelisah, kata Olive, hanya membuat tensi darahnya naik dan itu bisa bikin dia batal divaksin.

Pagi hari, tanpa persiapan khusus, Olive hadir di Puskesmas Kota Ende mengikuti proses vaksinasi. Dia mencuci tangan di dekat gerbang masuk Puskesmas lalu menuju ke meja registrasi.

“Dari datang langsung cuci tangan, setelah itu ke meja pendaftaran, meja satu,” kata Olive (08/02).

“Setelah itu ke meja dua untuk discreening. Ditensi, diukur suhu tubuh”.

Lolos screening di meja dua, olive kemudian menerima vaksin di meja tiga. Saat disuntik, Olive mengaku tidak gugup. Proses penyuntikan berlangsung biasa saja, kata Olive.

Dari situ dia arahkan ke duduk di tempat yang disiapkan untuk diobservasi selama 30 menit, apakah mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Penyuntikan) atau tidak. Olive tidak mengalami KIPI.

“Vaksinnya aman, tidak ada reaksi apa-apa,” tuturnya.

Selesai diobservasi Olive kembali lagi ke meja empat untuk menerima Kartu Vaksinasi Covid-19. Dia senang karena dengan kartu tersebut dia akan menerima lagi vaksin ditahap kedua.

Ditanyakan mengenai harapan untuk Nakes yang belum divaksin, dia berpesan agar tidak takut sebab vaksin tersebut aman.

“Untuk teman-teman Nakes jangan takut karena vaksin ini aman, penting untuk menjaga kesehatan kita biar kita divaksin,” pungkasnya. (ARA/EN)