Menu

Mode Gelap

Ende · 10 Des 2021 14:09 WIB

Bupati Ende Undang Presiden Jokowi Rayakan Harlah Pancasila di Ende


					Rektor Unwira Kupang, Dr. Philipus Tule, Kepala BPIP Profesor Yudian Wahyudi, Bupati Ende Djafar Achmad, dan BPIP, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Romo Beni Susetyo, saat dialog di Taman Renungan Bung Karno, Kota Ende (10/12/21) Perbesar

Rektor Unwira Kupang, Dr. Philipus Tule, Kepala BPIP Profesor Yudian Wahyudi, Bupati Ende Djafar Achmad, dan BPIP, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Romo Beni Susetyo, saat dialog di Taman Renungan Bung Karno, Kota Ende (10/12/21)

Bupati Ende Djafar Achmad mengundang Presiden RI, Ir. Jokowi Dodo merayakan Hari Lahir Pancasila di Kota Ende. Undangan kepada Presiden Jokowi disampaikan Bupati Ende melalui kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Profesor Yudian Wahyudi, saat menyambangi Ende, Jumat 10 Desember 2021.

Kunjungan kepala BPIP di Ende merupakan agenda napak tilas sejarah dan membangun diskusi kebangsaan. Bertempat di Taman Renungan Bung Karno, Kota Ende, hadir bersama kepala BPIP, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Romo Beni Susetyo dan Rektor Unwira Kupang, Dr. Philipus Tule.

Kepada kepala BPIP, Bupati Ende Djafar Achmad mengungkapkan, masyarakat Kabupaten Ende amat merindukan kehadiran Presiden Jokowi di Ende. Harapan masyarakat, Presiden Jokowi hadir di Ende memperingati Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni, di kota kelahiran Pancasila itu sendiri.

“Ende berkeinginan bapak Presiden hadir di sini tanggal 1 Juni merayakan Hari Lahir Pancasila,” kata Bupati Ende, Djafar Achmad (10/12/21). Masyarakat Ende, lanjutnya, juga menginginkan perayaan Hari Lahir Pancasila secara Nasional terpusat di Kota Ende sebagai tempat Bung Karno merenungkan Pancasila.

Selain itu, kepada kepala BPIP, Bupati Ende mengharapkan Kota Ende dijadikan sebagai pusat pendidikan Pancasila bagi generasi muda secara nasional. Pemkab Ende sendiri, telah melakukan persiapan seperti pemugaran situs sejarah dan menyiapkan perpustakaan untuk mendukung rencana tersebut.

“Kami menginginkan bahwa Kota ini dijadikan sebagai pusat pendidikan Pancasila bagi generasi muda seluruh Indonesia… Kami lengkapi tempat ini (Taman Renungan Bung Karno) dengan perpustakaan, dengan cinema Bung Karno, sehingga dari Sabang sampai Merauke belajar di sini tentang Pancasila,” ungkapnya.

Menjawab keinginan masyarakat Ende, kata Profesor Yudian Wahyudi, dirinya akan menyampaikan langsung undangan Bupati Ende kepada Presiden Jokowi. Sambungnya, sambil menanti kepastian dari Presiden Jokowi, dirinya telah menjadwalkan pada tahun depan tim BPIP akan memperingati Harlah Pancasila di Ende .

“Jadi nanti kita (BPIP) akan menyampaikan langsung, kita akan rekomendasikan, pulang dari sini kita sampaikan kepada Presiden,” kata Profesor Yudian.

Mengenai rencana menjadikan Kota Ende sebagai pusat pendidikan Pancasila, dirinya menyambut usulan tersebut. BPIP, kata dia, merasa perlu dibuatkan semacam immersion programe dimana pelajar atau mahasiswa dari luar daerah belajar langsung Pancasila di Kota Ende.

“Jadi perlu, nanti mahasiswa diberi kesempatan untuk mengalami langsung dan mendalami Pancasila di sini. Itu nanti akan kita lakukan di BPIP”.

Selain itu, kata mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga ini, dirinya secara pribadi akan mengkomunikasikan dengan Perguruan-perguruan Tinggi bekerja sama dalam program tersebut. Dirinya mengharapkan program tersebut melahirkan pemuda-pemudi sebagai duta Pancasila. (ARA/EN)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penemuan Mayat di Detusoko, Polsek Gelar Olah TKP

1 Agustus 2022 - 12:39 WIB

Penemuan mayat di Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende (31/7/22)

Menelisik Keputusan Kabandara Ende Soal Runway

1 Agustus 2022 - 12:02 WIB

Ilustrasi

Cerita Awal Bandara Ende: Hutang Lahan Bikin Bupati Nyaris Undur Diri

29 Juli 2022 - 11:32 WIB

Foto kondisi bandara Ende dahulu dan pelantikan H. J. Gadi Djou sebagai bupati Ende

Rencana Perpanjang Runway Bandara Ende Dihentikan

29 Juli 2022 - 07:48 WIB

Pesawat Hercules tipe C-130 mendarat mulus di Bandar Udara Haji Hasan Aroeboesman, Kota Ende, Selasa 4 Agustus 2020

Geliat Pembangunan Terminal Bandara Ende, Suatu Masukan

28 Juli 2022 - 13:36 WIB

Ilustrasi

Ada Lift, Eskalator, Hingga Food Court: Terminal Bandara Ende Dibangun Megah

28 Juli 2022 - 12:06 WIB

Pembangunan terminal bandara Haji Hasan Aroeboesman, Kota Ende (28/7/22)
Trending di Ende