Dinas PU Ende Ajukan Rp 47 Miliar Percantik Pantai Kota Raja

  • Bagikan
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende, Fransiskus Lewang (5/11/20)

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende telah mengajukan anggaran sebesar Rp 47 miliar guna mempercantik wilayah pesisir Pantai Kota Raja, Kota Ende. Kepastian tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Fransiskus Lewang (5/11/20).

Menurut Frans Lewang, duit yang tidak sedikit itu tengah diusulkan dalam Penetapan Anggaran Tahun 2021.

BACA JUGA :

“Kita sudah usulkan Rp 47 miliar. Tetapi sekali lagi, anggaran itu masih dalam usulan,” kata Frans memberi penekanan (5/11/20).

Jika disepakati, jelasnya, anggaran akan digunakan membangun sejumlah spot di sepanjang bibir Pantai Kota Raja. Jalur pembangunan sendiri membentang dari Pelabuhan Bung Karno hingga di pesisir pantai depan SMPK Frateran Ndao.

Di sepanjang jalur tersebut rencananya dibangun beragam spot. Mulai dari spot wisata hingga kuliner. Pencegahan terhadap bencana alam, juga termasuk di dalamnya.

Di area itu, Frans Lewang merincikan, akan dibangun tanggul penahan abrasi, pusat kuliner, pusat wisata, dan jogging track. Mengenai rincian anggaran per item, Frans Lewang mengaku lupa besarannya.

BACA JUGA :

Namun, ditekankannya pembangunan berbagai spot tersebut merupakan bagian dari grand design Pemerintah Kabupaten Ende dalam pengembangan pariwisata.

Ditambahkannya, selama ini area tersebut memang menjadi salah satu pusat wisata populer di Kota Ende. Namun, tidak di seluruh area, melainkan hanya di satu spot yakni, Pantai Ria.

Ke depan, jika pembangunan telah terrlaksana maka spot wisata di sepanjang bibir Pantai Kota Raja niscaya bertambah. Begitupun dengan kawasan ekonomi sebab telah dibangun pusat kuliner, tutupnya. (ARA/EN)

 

  • Bagikan