Polres Ende Luncurkan Program Kampung Tangguh

Avatar photo
Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana bersama jajaran Forkompinda memantau lokasi saat peluncuran program Kampung Tangguh Kelimutu di Desa Nanganesa Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende (15/7/20)
Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana bersama jajaran Forkompinda memantau lokasi, saat peluncuran program Kampung Tangguh Kelimutu di Desa Nanganesa Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende (15/7/20)

Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, SIK, meluncurkan program Kampung Tangguh Kelimutu, di Desa Nanganesa Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende (15/7/20). Turut hadir dalam acara ini Dandim 1602 Ende, Asisten III Setda Ende dan Camat Ndona.

Diwawancari setelah kegiatan, AKBP Albertus Adreana mengatakan, program Kampung Tangguh merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan jajaran Polri. Program ini merupakan langkah Kepolisian dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kampung Tangguh memang program inovatif dari bapak Kapolri. Ini diselenggarakan tidak hanya di Ende, tetapi hampir di semua Polres, setelah dibuka secara nasional,” kata AKBP Albertus Andreana.

Untuk Kabupaten Ende, dengan adanya Kampung Tangguh, maka masyarakat didorong berperan aktif dalam mencegah virus Covid-19. Desa Tangguh juga dirancang sebagai langkah efektif membangun pola hidup bersih dan sehat, sesuai peradaban normal yang baru

Kampung Tangguh Kelimutu diharapkan menjadi pelopor atau contoh bagi desa-desa lain. Nantinya, jika berhasil maka akan menjadi sampel bagi penerapan di wilayah-wilaya lain di Kabupaten Ende. Menurut Kapolres Ende, ke depan program Kampung Tangguh akan diupayakan terbentuk hingga ke Polsek atau kecamtan.

“Kalau satu sudah mulai tangguh atau berhasil dan bisa diikuti masyarakat, ke depan akan diupayakan dibentuk hingga ke Polsek atau kecamatan. Saya yakin suatu saat akan mewujudkan Kabupaten Ende yang tangguh,” jelas Kapolres Ende.

Bupati Ende, Djafar Ahmad dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten III Setda Ende, Hiparkus Heppi, mengatakan, kegiatan program Kampung Tangguh merupakan wujud komitmen Polres Ende untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Karenanya, Pemda Ende memberikan apresiasi kepada polres Ende yang telah menginisiasi dan melaksanakan program tersebut.

Diharapkan Pemda Ende, adanya Kampung Tangguh menjadi media pembelajaran bagi masyarakat awam guna menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru, dalam era New Normal. (ARA/EN)