Viral, Aksi Biarawati Hadang Polisi Myanmar Demi Selamatkan Demonstran

Avatar photo
Suster Ann Thu Thawng berlutut di hadapan polisi Myanmar dan memohon agar mereka berhenti menangkap demonstran
Suster Ann Thu Thawng berlutut di hadapan polisi Myanmar dan memohon agar mereka berhenti menangkap demonstran

Aksi biarawati menghadang polisi demi selamatkan demonstran viral di media sosial. Suster Ann Thu Thawng, salah seorang biarawati di Yangon, Myanmar, viral di Twitter setelah fotonya diposting oleh Uskup Agung Katolik di Yangon, Kardinal Charles Maung Bo.

“Hari ini, kerusuhan parah melanda seluruh negeri. Polisi menangkap, memukuli, dan bahkan menembaki rakyat,” tulis Kardinal Charles Maung Bo dalam akun Twitternya (28/02/21).

Dalam sejumlah foto yang dibagikan melalui akun Twitter Kardinal Charles Maung Bo, terlihat suster Ann Thu Thawng menangis dan berlutut mengarah ke barisan polisi Myanmar sambil memohon.

Suster Ann Thu Thawng meminta para polisi berseragam lengkap agar berhenti menangkap para demonstran.

“Dengan berlinang air mata, suster Ann Thu Thawng memohon dan menghentikan polisi untuk berhenti menangkap para pengunjuk rasa”.

Kardinal Charles Bo melanjutkan bahwa berkat aksi heroik suster tersebut, sekitar 100 orang pengunjuk rasa dapat melarikan diri dari kejaran polisi.

https://twitter.com/CardinalMaungBo/status/1366061735602511872?s=20

Situasi Myanmar sejak kudeta militer pada 1 Februari lalu kian mengkhawatirkan. Kudeta yang  menggulingkan kepemimpinan de facto Aung San Suu Kyi ini, setidaknya telah menewaskan 18 orang.

Menurut organisasi Asosiasi Narapidana Politik (AAPP), dalam dokumentasi mereka tercatat 854 orang yang telah ditangkap, didakwa, atau dihukum sejak kudeta berlangsung. Angka itu belum termasuk ratusan orang yang ditangkap pada kerusuhan di besar di Yangon pada Sabtu lalu. (T/R/EN)