Ende  

Peresmian Terminal Bandara Ende Diusul Jadi Agenda Kerja Presiden

Avatar photo
Desain pembangunan Terminal Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Kota Ende
Desain pembangunan Terminal Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Kota Ende

Peresmian Terminal Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Kota Ende, diusulkan menjadi salah satu agenda kerja Presiden RI Joko Widodo. Jika terealisasi maka orang nomor satu di Indonesia itu akan kembali mengunjungi Kabupaten Ende.

Penuturan Kepala Bandara Ende, Indra Priyantono (7/12/22), informasi peresmian terminal Bandara Ende diusulkan kepada Presiden ia terima saat melakukan koordinasi dengan Kementrian Perhubungan beberapa waktu lalu.

“Untuk peresmian saya masih konfirmasi dengan kementrian, tetapi beberapa waktu yang lalu memang sudah ditarget menjadi salah satu agenda kerja pak Presiden,” sebut Indra Priyantono (7/12).

“Itu sudah ditargetkan agenda dari pak Mentri Perhubungan untuk disampaikan kepada pak Presiden akan ada peresmian di tahun-tahun terakhir masa beliau”.

Jika usulan agenda tersebut disetujui maka Presiden Jokowi akan kembali mengunjungi Ende untuk kedua kalinya. Kata Priyantono, kunjungan meresmikan terminal bandara berbeda dengan kunjungan sebelumnya dimana Presiden memiliki waktu yang cukup banyak dengan masyarakat, kunjungan ini akan berlangsung secara cepat tanpa tambahan agenda lainnya.

Presiden kemungkinan hanya berjalan hingga ke Simpang Lima, Jalan Eltari, persis di depan gerbang Bandara Ende yang tengah dibangun untuk melihat hasil pengerjaan, sebut Priyantono.

“Mungkin tidak sampai keliling kota, paling sampai Simpang Lima ketemu masyarakat karena berada di depan gerbang bandara yang sudah kami bangun ulang”.

Memang, diakuinya, mengundang Presiden meresmikan langsung bukan perkara mudah namun melihat fokus Presiden dalam pembangunan infrastruktur dirinya optimis agenda tersebut dapat disetujui.

Perhatian Presiden terkait infrastruktur tidak sebatas membangun namun hingga mengawasi dan meresmikan langsung program-program infrastruktur pemerintah pusat. Mayoritas pembangunan infrastruktur di Kementrian Perhubungan, sebut Priyantono, diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi baik secara virtual maupun hadir secara langsung.

Dirinya mencontohkan pembangunan terminal Bandara Trunojo, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur yang dibangun saat dia menjadi Kepala Bandara. Terminal bandara yang dibangun kurang lebih dua tahun itu diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Mengenai progress pembangunan terminal sendiri, sebut Priyantono, proses pembangunan telah mencapai 94 persen dan tinggal mengerjakan bagian-bagian kecil dari terminal. Penyelesaian pembangunan ditargetkan rampung pada akhir tahun atau paling lambat pada bulan Januari tahun depan.

Untuk diketahui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menggelontorkan anggaran 85,5 miliar untuk pembangunan terminal penumpang Bandar Udara Haji Hasan Aroebusman Ende. Dana tersebut bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022.

Terkait perencanaan, bangunan tersebut didesain dua lantai dengan luas total 4.320 meter persegi di mana ada lantai satu cek in dan terminal kedatangan; sedangkan lantai dua ruang tunggu dan food court yang dilengkapi fasilitas penunjang seperti eskalator dan lift. (ARA/EN