Ende  

Benarkah Djafar Achmad Direkomendasikan 21 PAC PDIP Ende Maju Calon Bupati?

Avatar photo
Rapar Koordinasi DPC PDI Perjungan Kabupaten Ende (8/6/23)
Rapar Koordinasi DPC PDI Perjungan Kabupaten Ende (8/6/23)

Djafar Achmad, orang nomor satu di Kabupaten Ende, dikabarkan telah mendapat rekomendasi dari 21 Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Ende, untuk maju sebagai calon Bupati Ende.

Kabar dukungan terhadap Djafar Achmad beredar luas pada Kamis, (8/6/23) sore, usai rapat koordinasi bersama Lusia Adinda Leburaya.

Kabar tersebut ternyata bukan isapan jempol belaka. Kebenaran mengenai dukungan PAC PDIP Ende kepada Djafar Achmad dibenarkan oleh sekretaris PDI Perjuangan Kabupaten Ende, Agustinus Ndopo.

“Ya, benar. Ada dukungan dari grass root (akar rumput) ke beliau. Itu spontan terjadi di Rakor kemarin”

Rakor yang digelar PDIP Perjuangan Kabupaten Ende sebenarnya diadakan sebagai ruang konsolidasi partai berlambang banteng itu menghadapi Pemilihan Anggota Legislatif, tidak membicarakan dukungan resmi partai untuk pencalonan kepala daerah.

Namun, diakui Agustinus Ndopo, dalam Rakor tersebut ada keinginan spontan dari seluruh PAC untuk memberikan dukungan kepada Djafar Achmad maju sebagai calon Bupati Ende. Dukungan dari seluruh PAC kepada Djafar Achmad menunjukkan semangat para kader menyambut momen politik Pencaleg-an dan Pilkada dalam waktu dekat ini.

“Semangat PAC-PAC itu tentu baik,” sambungnya.

Kendati demikian, dirinya menjelaskan, PDI Perjungan memiliki mekanisme sebelum menetapkan dukungan terhadap calon bupati dan wakil bupati. Mekanisme hingga menetapkan dukungan masih berproses sekarang ini dan membutuhkan waktu sebelum menetapkan dukungan secara resmi.

Proses menuju penetapan dukungan dilalui dari tahapan yang paling bawah yakni melihat dukungan masyarakat melalui survei-survei yang dilakukan partai, setelah itu masih ada keputusan di tingkat daerah, wilayah hingga ke pengurus pusat untuk mendapatkan persetujuan.

Sekarang ini, sambungnya, PDI Perjuangan Kabupaten Ende masih dalam tahapan survei dan telah dilakukan sejak tahun lalu dimana terdapat 18 nama. “Jadi sekarang ini kita masih berproses,” ucapnya.

Sementara itu Djafar Achmad yang dihubungi media ini (9/6), juga membenarkan adanya rekomendasi dari seluruh PAC PDI Perjuangan Kabupaten Ende mendukungnya maju sebagai calon bupati.

“Mereka (21 PAC) ingin saya maju lagi dan saya bilang ya terimakasih,” tutur Djafar Achmad.

Rakor yang digelar PDIP Perjuangan Kabupaten Ende, tuturnya, diadakan sebagai ruang konsolidasi partai menghadapi Pemilihan Anggota Legislatif. Namun dalam kesempatan itu muncul keinginan seluruh PAC untuk membicarakan pencalonannya sebagai Bupati Ende.

Proses di dalam Rakor, tutur Djafar Achmad, berjalan alot diwarnai pertanyaan dan debat-debat sebelum sampai kepada dukungan seluruh PAC terhadap dirinya.

“Kita menjawab dengan tenang dan mereka pada kesimpulan yang seperti tadi itu, mereka ingin saya maju lagi, ya saya bilang terimakasih banyak kepada PAC, kepada teman-teman DPC. Barangkali mereka melihat kinerja kita, prestasi kita menjalankan tugas, ya saya bilang terimakasih banyak,” sambung Djafar.

Namun, senada dengan Agustinus Ndopo, pria yang kini menjabat sebagai Dewan Pertimbangan PDIP Ende ini menuturkan, dukungan terhadap dirinya dalam Rakor tersebut belum menjadi keputusan resmi partai.

Menurut Djafar Achmad dukungan PAC baru langkah awal yang masih harus berproses melewati tahapan sesuai mekanisme partai. “Ini baru proses awal. Ini kan suara PAC, DPD NTT kan belum. Ini baru suara akar rumput, suara akar rumput mengatakan begitu”.

“Masih awal sekali belum menjurus (ke pencalonan). PDIP kan punya tata cara sendiri untuk menentukan calon seperti suara masyarakat perlu survei, jadi ini masih berproses,” tutupnya. (ARA/EN)