Bikin Pangling! Simak Nasional Kostum dan Talent Show Putra Putri Ekowisata 2021

  • Bagikan
Putri Ekowisata Propinsi Jawa Timur memperagakan Nasional Kostum dalam event pemilihan Putra Putri Ekowisata 2021 (foto James Radar)

Para finalis pemilihan Putra dan Putri Ekowisata 2021 tampil memakau pada segmen gelar budaya ajang tersebut yang berlangsung di Kota Ende, Selasa, 16 November 2021. Segmen gelar budaya merupakan bagian penting dalam proses pemilihan Putra dan Putri Ekowisata 2021, dimana para finalis diberikan kesempatan menunjukan peragaan budaya masing-masing propinsi.

Segmen gelar budaya yang ditampilkan dibagi ke dalam dua bagian, Talent Show dan Nasional Kostum. Talent Show mengusung konsep atraksi budaya sedangkan Nasional Kostum, merupakan peragaan busana yang dirancang khusus sesuai kekhasan daerah.

Menurut ketua panitia pemilihan Putra dan Putri Ekowisata 2021, Aldi Wibowo, segmen gelar budaya merupakan bagian penting bagi para finalis menampikan bakat masing-masing sesuai konsep budaya. Selain itu para finalis juga diberi kesempatan memperagakan Nasional Kostum masing-masing propinsi.

Baca Juga:  Jelang Final, Putra dan Putri Ekowisata Promosi Obyek Wisata di Ende

“Malam ini adalah kegiatan gelar budaya, dimana masing-masing finalis menampilkan talent show atau bakat mereka,” kata Aldi Wibowo (17/11/21). “Selain gelar budaya, mereka juga memperagakan Nasional Kostum,” lanjutnya.

Satu per satu finalis tampil memukau memperagakan atraksi budaya masing-masing daerah. Khusus mengenai Nasional Kostum, pakaian yang dikenakan para finalis merupakan rancangan khusus yang secara detail menjelaskan kekhasan budaya, sejarah atau legenda.

Putra Ekowisata Propinsi Bangka Belitung memperagakan Nasional Kostum dalam event pemilihan Putra Putri Ekowisata 2021 (foto James Radar)
Putra Ekowisata Propinsi Bangka Belitung memperagakan Nasional Kostum dalam event pemilihan Putra Putri Ekowisata 2021 (foto James Radar)

Putra Ekowisata Bangka Belitung, Muhammad Miraldy misalnya, memperagakan Nasional Kostum yang mengangkat budaya pakaian adat Paksian. Kostum yang ditampilkan merupakan baju adat yang lahir dari pengaruh China dan Arab yang dikenal sampai saat ini.

Baca Juga:  Sengketa Pilkades Niopanda, Bupati Minta Pilih Ulang

Finalis lain, Putri Ekowisata Jawa Timur, Melati Rahayu Lestari mengenakan Kostum Nasional bertema Sang Kencana Wungu. Konsep yang dikenakan merupakan budaya daerah sejak zaman kerajaan Majapahit.

Peragaan budaya dan Nasional Kostum yang ditampilkan akan dinilai oleh para juri dan merupakan salah satu penilaian dalam ajang Putra Putri Ekowisata 2021. Karenanya, kata Aldi Wibowo, detail-detail peragaan serta kostum amat menentukan bagi para finalis.

“Untuk kategori Nasional Kostum itu ada, dan penilaian itu kami lihat dari bagaimana cara mereka membawakan, detail-detail bajunya seperti apa, ekspresi wajah, penguasaan panggung, itu sudah ada part-part penilaiannya sendiri”

Baca Juga:  Kabupaten Ende Berlakukan Jam Malam
Talent Show atau peragaan budaya dari Putra Ekowisata Propinsi Bali pada event pemilihan Putra dan Putri Ekowisata 2021 (foto James Radar)
Talent Show atau peragaan budaya dari Putra Ekowisata Propinsi Bali pada event pemilihan Putra dan Putri Ekowisata 2021 (foto James Radar)

Hasil penilaian para juri, kata Aldi, akan direkap dan nantinya menentukan para finalis yang lolos ke tahap berikutnya.

Pantauan media ini, para finalis tampil memukau di hadapan para juri memperagakan budaya dan kostum masing-masing. Kendati ajang tahun ini digelar secara virtual atau tanpa penonton, hal tersebut terlihat tidak mengurangi semarak dan penampilan para finalis.

Untuk diketahui, grand final pemilihan Putra dan Putri Ekowisata 2021 akan berlangsung pada 17 November 2021. Semarak event tahun ini akan dimeriahkan juga oleh parade udara dari atlet paralang nasional, Liz Andriana dan Ike Ayu Wulandari. (ARA/EN)

  • Bagikan