Ende  

Buka Kegiatan KIE, Melki Laka Lena Tegaskan Peran Penting Badan POM

Avatar photo
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena saat membukan kegiatan KIE, yang diselenggarakan Loka POM Ende (31/10/20)
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena saat membukan kegiatan KIE, yang diselenggarakan Loka POM Ende (31/10/20)

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena membuka kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) obat dan makanan, yang diselenggarakan Loka POM Ende. Kegiatan ini berlangsung di Aula Paroki St. Yosef Onekore, Kota Ende (31/10/20).

Dalam sambutan membuka kegiatan, Melki Laka Lena menyampaikan peran penting pengawasan obat dan makanan yang menjadi tugas Badan POM.

Peran tersebut tertuang dalam Undang-undang Tentang Perlindungan Konsumen, Undang-undang Tentang Pangan, Perpres Tentang Badan POM, dan peraturan oleh Badan POM itu sendiri, kata Melki Laka Lena.

Lanjut Laka Lena, dalam alur pengawasan suatu produk, terdapat dua instrumen pengawasan yang selalu mengikuti. Pertama, dari Kementrian Perdagangan untuk memastikan kelayakan cara produksi. Dan kedua, dari Badan POM, untuk memberikan panduan guna memastikan mutu produk obat dan makanan.

“Tugas teman-teman Badan POM, memastikan suatu produk benar-benar aman,” jelasnya.

Tak sampai disitu, tugas Badan POM menurut Laka Lena, mancakup hingga pengontrolan distribusi. Dalam jangka waktu tertentu, kata Laka Lena, Badan POM bisa melakukan pengecekan terhadap produk yang beredar.

Peran penting lain, Badan POM melalui Loka POM yang berada di daerah-daerah, ditugasi memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Pada sisi ini, Komisi IX DPR RI sebagai mitra kerja, terus mendorong agar transfer pengetahuan semakin massif dilakukan.

“Kita mendorong Badan POM lebih memperhatikan keamanan makanan bagi masyarakat. Kasih panduan kepada masyarakat bagaimana mengenali produk makanan yang betul-betul aman”.

Melki Laka Lena mencontohkan, edukasi mengenai program CEK KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kadaluarsa). Kampanye CEK KLIK berguna mencegah masyarakat mendapatkan makanan yang berbahaya.

Di lain sisi, Laka Lena juga mengingatkan masyarakat berperan aktif. Hal ini mengingat, makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap sistem imun tubuh atau kekebalan.

Di tempat yang sama, Kepala Loka POM Ende, Tamran Ismail mengucapkan terimakasihnya kepada Melki Laka Lena yang telah berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut.

Disampaikannya, Loka POM Ende terus berupaya memberikan edukasi terhadap masyarakat, guna menjamin keamanan produk makanan dan obat yang beredar. (ARA/EN)