Bupati Ende Angkat Wisudawan Terbaik STPM Jadi Honorer

  • Bagikan
Bupati Ende Djafar Achmad bersama wisudawan terbaik STPM Santa Ursula, Aprilin Ende Mondo beserta ibunda Kalixta Nona (24/11/21)

Hal mengejutkan terjadi saat Wisuda Sarjana Strata I, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula, Rabu 24 November 2021. Dalam acara tersebut, Bupati Ende, Djafar Achmad, secara langsung mengangkat wisudawan terbaik STPM menjadi pegawai honorer Pemerintah Kabupaten Ende.

Kejutan terjadi ketika Bupati Djafar hendak menyelesaikan sambutannya. Ia tiba-tiba meminta kepada wisudawan terbaik STPM Santa Ursula, Aprilin Ende Mondo, maju mendekat ke panggung. Tanpa panjang kata, orang nomor satu di Ende itu lantas meminta Asisten I Setda Ende, Ambraham Badu, mencatat nama dan mengurus pengangkatan Aprilin sebagai pegawai honorer.

“Pak Asisten I tolong catat, urus pengangkatan sebagai pegawai honor sambil dia menunggu tes CPNS tahun depan,” kata Bupati Ende Djafar Achmad (24/11/21). Pengangkatan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan pengharagaan terhadap prestasi, sebutnya.

Baca Juga:  Pemda Ende Terima Plakat dan Piagam Atas Raihan WTP

Seluruh hadirin yang kaget lantas menyambut dengan riuh tepuk tangan. Sementara Aprilin, yang masih berdiri di dekat panggung, tak lagi kuasa menahan haru. Dia lantas peluk ibunya yang tepat berdiri di samping. Beberapa wisudawan terlihat menjatuhkan air mata, haru atas momen itu.

Aprilin Ende Mondo merupakan wisudawan terbaik STPM Santa Ursula tahun ini dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,88. Dia meraih predikat terbaik dari keseluruhan wisudawan yang berjumlah 203 mahasiswa.

Baca Juga:  Besok, DPRD Ende Rapat Dengan UPT Kehutanan, Bahas Hutan Produksi

Perempuan asal Kurulimbu, Kecamatan Ndona Timur, Kabupaten Ende tersebut merupakan alumnus SDK Kurulimbu, SMP Swasta Kelimutu, dan SMKN 2 Ende.

Aprilin terdaftar di STPM Santa Ursula Ende sebagai mahasiswa angkatan tahun 2017. Dia menyelesaikan bangku pendidikan tinggi pada semester 8, terhitung sejak tahun masuk kuliah.

Mengenai kiat menjadi mahasiswa berprestasi, kata Aprilin, dirinya memang sedari awal bertekad menyelesaikan kuliah tepat waktu. Karena itu dia selalu meluangkan waktu belajar, mengikuti perkuliahan, dan selalu mencari tahu.

“Saya memang niat selesai kuliah cepat. Saya belajar, ikuti proses perkuliahan, dan saya selalu belajar kepada orang yang lebih tahu,” ungkap Aprilin (24/11).

Baca Juga:  Cerita Haru Para Pejuang Kemanusiaan di Ende

Mengenai momen Bupati Ende mengangkatnya sebagai pegawai, dirinya mengaku sangat terkejut karena tidak menduga hal itu akan terjadi. Aprilin amat bersyukur prestasinya mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Ende.

“Sumpah, saya tidak menyangka, dan itu suatu kegembiraan yang luar biasa bagi saya dan keluarga”.

Senada, ibuda Aprilin, Kalixta Nona, mengaku sangat bahagia atas penghargaan yang diterima putrinya. “Sangat bahagia. Saya berterimakasih dan berdoa semoga beliau selalu diberkati Tuhan”.

Untuk diketahui, wisudawan STPM Santa Ursula tahun ini berjumlah 203 mahasiswa dengan rincian, 92 mahasiswa Sosiatri dan 111 mahasiswa Ilmu Pemerintahan. (ARA/EN)

  • Bagikan