Ende  

Bupati Ende Cerita Jokowi Pernah Janji Kunjungi Danau Kelimutu

Avatar photo
hjajue

Bupati Ende Djafar Achmad menyebut, Presiden Joko Widodo pernah menjanjikan akan mengunjungi danau tiga warna, Kelimutu, yang terletak di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Kenang Bupati Djafar, hal itu diutarakan langsung oleh Presiden Jokowi kepada dirinya saat mengunjungi NTT pada tahun 2014 silam.

Karena itu dalam pembahasan mengenai rencana kunjungan Presiden Jokowi di Kabupaten Ende, Bupati Djafar meminta agar ada tambahan agenda yakni kunjungan Presiden ke danau Kelimutu. Permintaan tersebut disampaikan Djafar Achmad dalam rapat yang diselenggarakan bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Sekretariat Militer Presiden atau Setmilpres (14/5/22).

Penuturan Bupati Djafar, Presiden Jokowi mengetahui keindahan danau Kelimutu dan pernah berjanji akan mengunjungi spot wisata tersebut jika berada di Ende. Jokowi menyampaikan langsung niatnya itu ketika mengunjungi NTT pada tahun 2014 pada masa kepemimpinan gubernur Frans Leburaya. Niat Jokowi diucapkan langsung kepada gubernur NTT dan para bupati kala menyambut kedatangannya di bandara, ucap Djafar.

“Beliau (Presiden Jokowi) tahun 2014, periode pertama beliau, berkunjung ke NTT kebetulan gubernur waktu itu masih pak Frans Leburaya. Saya waktu itu masih wakil bupati, saya ikut menyambut, pak. Jadi ada bupati Alor, semua bupati ada di situ. Nah, ketika (Jokowi) turun dari pesawat, diperkenalkan ini bupati Alor, ini bupati Maumere, sampai ke Ende (diperkenalkan) ini wakil bupati Ende,” cerita Djafar Achmad (14/5).

“Begitu di depan saya, (kata Jokowi) ‘yah, yang ada danau kelimutu kan… Nanti pak gubernur jadwalkan saya, saya akan berkunjung ke danau Kelimutu’ ”, ulangnya.

Karena itulah dirinya mengusulkan kepada tim BPIP dan Setmilpres tambahan agenda yakni kunjungan Presiden di danau Kelimutu sebagai salah satu item kegiatan Presiden saat berada di Ende. Sebab hingga saat ini agenda kunjungan ke danau Kelimutu belum dimasukan dalam item kegiatan Presiden yang dibahas antara Pemerintah Kabupaten Ende dan tim dari Jakarta.

Sejauh ini agenda yang telah dibahas secara mendetail terbatas kegiatan Presiden RI di dalam Kota Ende diantaranya, upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni di Lapangan Pancasila, kunjungan ke Taman Renungan Bung Karno, Museum Tenun Ikat dan situs Rumah Pengasingan Bung Karno.

Sementara kunjungan ke danau Kelimutu, yang merupakan permintaan langsung dari Presiden Joko Widodo, belum dimasukan dalam salah satu agenda kegiatan Presiden ketika berada di Ende. Padahal, tambah Bupati Djafar, kunjungan tersebut akan sangat membantu pemerintah mempromosikan spot wisata kebanggaan Kabupaten Ende dan sejalan dengan upaya pemerintah yang tengah merancang Geopark Kelimutu.

Karenanya itu dirinya meminta agar tim BPIP dan Setmilpres menyampaikan permintaan tersebut di Jakarta.

“Bantulah kami, beliau hanya 1 jam saja berdiri di Kelimutu, sekali foto begitu akan viral itu bahwa Presiden ada di danau Kelimutu”.

“Jadi harapan kami, sambil menyelam minum air lah, kami promosikan pariwisata kami ini”. (ARA/EN)