Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Ende Keenam, Paulinus Domi Tutup Usia

Avatar photo
Bupati Ende keenam, Paulinus Domi
Bupati Ende keenam, Paulinus Domi

Bupati Ende keenam, Paulinus Domi, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tc. Hillers Maumere, Kamis (3/11/22) pukul 18.20 Wita. Paulinus Domi, Bupati Ende keenam yang menjabat dua periode sejak tahun 1999 hingga tahun  2009.

Mantan bupati Ende dua periode ini meninggal dunia di usia ke-75 setelah menjalani perawatan selama kurang lebih empat bulan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ucapan belasungkawa berdatang usai kabar duka beredar. Bupati Ende Djafar Achmad menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya Paulinus. Bupati Djafar menyebut sosok sebagai mentor dan guru.

“Kami sekeluarga Turut berduka cita yang mendalam atas meningganya mentor serta guru kami kae Drs. Paulinus Domi, diampuni segala kesalahan dan diterima di sisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan. Ende kehilangan Salah satu tokoh Panutan. RIP,” tulis Djafar Achmad dalam akun Facebooknya.

Paulinus Domi lahir pada 31 Desember 1946, putra ketiga dari tujuh bersaudara pasangan bapak Dage Dewa dan mama Mbenggu Masa. Dia adalah anak seorang petani dari Wolobalu, Desa Kedeboro, Kecamatan Maurole.

Kendati hanya anak petani Paulinus dapat menempuh pendidikan hingga jenjang yang, kala itu dapat dikatakan paling tinggi. Karir pendidikannya dimulai dari jenjang SR (sekarang SD) pada 1959 hingga 1969, kemudian dia lanjutkan di SMEP Wolowaru dan tamat pada tahun 1963, lalu ke Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) hingga tamat tahun 1966.

Tak sampai disitu saja, karir pendidikan berhasil dia lanjutkan ke Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) di Kupang dan lulus tahun 1972. Kemudian dia masuk Universitas Brawijawa Malang pada 1979 dan diwisuda sebagai sarjana tahun 1981

Sementara karirnya di pemerintah telah ia rintis sejak tahun 1974, beberapa bulan usai tamat dari APDN. Dia dipercayakan diberbagai posisi di pemerintahan, paling lama adalah jabatan camat yang embannya selama kurang lebih 13 tahun.

Usai di pemerintahan Paulinus pindah haluan ke politik. Dia terpilih sebagai anggota legislatif dari partai Golkar dan dipercayakan sebagai ketua dewan. Satu periode di dewan, Paulinus Domi putuskan maju sebagai calon Bupati dan terpilih sebagai Bupati Ende. Paulinus menjabat sebagai Bupati Ende selama dua periode yaitu 1999-2004 dan 2004-2009.