Ende  
Topik : 

Bupati Ende Pimpin Upacara Pemakaman Mantan Bupati Frans Gedowolo

Avatar photo
Bupati Ende Djafar Achmad memimpin upacara pemakaman mantan bupati Frans Gedowolo secara militer (01/04/22)
Bupati Ende Djafar Achmad memimpin upacara pemakaman mantan bupati Frans Gedowolo secara militer (01/04/22)

Bupati Ende Djafar Achmad memimpin upacara pemakaman mantan Bupati Ende, Letkol Inf (Purn) Frans Gedowolo, Jumat, (01/4/22). Upacara pemakaman Frans Gedowolo dilangsungkan secara militer oleh Kodim 1602 Ende.

Almarhum Frans Gedowolo dimakamkan di kediamannya di Jalan Cendana, Kota Ende, usai dilakukan Misa di Gereja Santo Yoseph Onekore. Hadir dalam acara pemakaman wakil bupati Ende Erikos Emanuel Rede, ketua DPRD Ende Fransiskus Taso dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Ende.

Ratusan pelayat juga turut hadir dalam acara pemakaman yang berlangsung khikmat tersebut.

Frans Gedowolo, mantan Bupati Ende yang meninggal pada 29 Maret 2022 merupakan bupati yang kelima sejak Kabupaten Ende dibentuk pada 1958. Dia menjabat sebagai bupati Ende pada tahun 1994 menggantikan Yohanis Pake Pani.

Frans Gedowolo lahir di Jogya tanggal 2 September 1938. Sebelum menjadi pemimpin di ranah sipil dia malang-melintang di dunia militer. Di dunia militer, karir Frans Gedowolo diawali pada tahun 1958 ketika menjadi komandan regu di Singaraja, Bali.

Pada tahun 1962 karirnya mulai menanjak setelah terpilih menjadi komandan seksi mortir di Singaraja (Bupati Ende Dari Masa ke Masa, 2011). Setelah itu dia sempat ditempatkan di Kompi C Ende pada tahun 1969. Waktu itu Frans Gedowolo berpangkat Letnan Dua (Letda).

Tahun 1974, Frans Gedowolo bertugas di Kupang menjadi PASI 4 di Kodim Kupang, kemudian menjadi PASI 1 pada 1976. Tiga tahun berselang dia dipercayakan menjabat KASI 3 di Korem Kupang, lalu diangkat menjadi Kasdim di Kefamenanu pada 1981.

Setelah itu dia kembali ke Ende dan dipercayakan menjadi Kasdim dengan pangkat Letnan Kolonel (Letkol).

Usai berkarya di militer Gedowolo melanjutkan karirnya di dunia sipil sebagai anggota DPRD Ende pada tahun 1986. Puncak karirnya di dunia sipil diraihnya ketika terpilih menjadi Bupati Ende pada 1994. Frans Gedowolo menjabat sebagai Bupati Kabupaten Ende hingga tahun 1999. (ARA/EN)