Cawabup Ende, Mengapa Bunda Julie Ngotot Dukung Erik Rede

Avatar photo
Julie Sutrisno Laiskodat atau akrab disapa Bunda Julie, politisi partai Nasdem sekaligus anggota Komisi IV DPR RI
Julie Sutrisno Laiskodat atau akrab disapa Bunda Julie, politisi partai Nasdem sekaligus anggota Komisi IV DPR RI

Julie Laiskodat melakukan kunjungan mendadak ke Kabupaten Ende (18/10/21). Berbeda dengan kunjungan sebelumnya yang penuh kegiatan formal, kali ini, Bunda Julie, sapaan akrab isteri Gubernur NTT tersebut, datang khusus memberi dukungan moril bagi Erikos Emanuel Rede.

Seperti diketahui, Erik Rede tengah didukung Nasdem mengisi jabatan Wakil Bupati Ende sisa masa jabatan 2019-2024. Dia bertarung melawan Dominikus Mere, kader usungan Golkar.

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepada awak media di restoran Cita Rasa, Kota Ende (18/10), Julie Laiskodat menjelaskan tahapan Nasdem mengusung Erik Rede dan mengapa dirinya amat mendukung ketua Nasdem Ende tersebut.

“Memang kita agak terlambat, mungkin yang terakhir, kita umumkan usung Erik Rede,” ungkapnya.

Di intern Nasdem proses seleksi menentukan kader tidak berdasarkan atas senioritas melainkan kualitas, lanjutnya. Setiap kader memiliki peluang yang sama untuk dikaderkan. Nasdem Ende diberi kesempatan mempresentasekan kader-kader terbaik untuk diusung, minimal 2 orang.

Dalam proses itu Nasdem Ende mengirim 4 nama kepada DPP Nasdem. Nama yang diberikan kemudian disaring dan disepakati bersama untuk diusung sebagai Cawabup Ende.

“Jadi, Erik Rede ditunjuk bukan karena dia mau, tetapi karena kita semua sepakat”.

Ungkap Julie Laikodat, ketika nama Erik Rede disepakati, dirinya amat mengapresiasi sebab telah mengenal Erik Rede sejak lama. Sosok Erik Rede dipercayanya mampu mengemban tugas sebagai Wakil Bupati Ende.

Selain itu, perjuangan dirinya memenangkan Erik Rede karena partainya, Nasdem, memiliki misi bagi kepentingan masyarakat Ende. Misi itu adalah menguatkan mata rantai pembangunan hingga ke Kabupaten Ende.

Nasdem menilai, rantai pembangunan yang terhubung dari pusat hingga propinsi NTT perlu dikuatkan lagi ke tingkat lokal yakni kabupaten Ende. “Kalau mata rantai itu sudah utuh maka saya pastikan program akan lebih sering lagi turun,” tegasnya.

Hal itu akan terjadi jika Erik Rede dipercayakan oleh DPRD Ende menjabat Wakil Bupati. Karena itulah dirinya berjuang keras memenangkan Erik Rede.

Mengenai kekuatan Nasdem memenangkan Erik Rede, dirinya merasa optimis sebab pendekatan politik telah dilakukan sejak tahun lalu. Sekarang ini, lanjutnya, tinggal menunggu hasil dari langkah-langkah politik itu saat proses pemungutan suara di DPRD Ende.

Untuk diketahui, proses pengisian jabatan Wakil Bupati Ende telah memasuki tahapan verifikasi berkas kelengkapan para calon. Sedangkan paripurna pemungutan suara akan digelar di DPRD Ende pada 11 November 2021. (ARA/EN)