Digelar Malam Ini, Grand Final Putra Putri Ekowisata 2021 Akan Saring Tiga Terbaik

  • Bagikan
Putra Ekowisata Bangka Belitung, Muhammad Miraldy, memperagakan Kostum Nasional yang mengangkat budaya pakaian adat Paksian dalam Pemilihan Putra Putri Ekowisata 2021 (16/11/21-foto James Radar)

Grand final Pemilihan Putra Putri Ekowisata tahun 2021 digelar malam ini, Rabu, 17 November 2021. Bertempat di Kota Ende, acara grand final akan memilih tiga finalis terbaik sebagai pemenang ajang tersebut. Dua diantaranya dinobatkan sebagai Putra dan Putri Ekowisata nasional tahun 2021.

Seluruh finalis yang mengikuti grand final Pemilihan Putra Putri Ekowisata tahun 2021 berjumlah 22 orang peserta. Menurut ketua panitia nasional, Aldi Wibowo, 22 finalis akan diseleksi secara ketat melalui berbagai aspek penilaian lalu disaring hingga mendapatkan tiga terbaik sebagai pemenang.

“Dari 22 orang finalis, kita melakukan penilaian dan diseleksi menjadi 16 peserta yang lolos ke tahap selanjutnya. Dari 16, kita ambil 10, lalu dikerucutkan lagi hingga menjadi 3 terbaik yang akan menjadi juara I,II, dan II,” jelasnya (16/11/21).

Baca Juga:  Juara Dunia Paralayang Hadir di Ende Meriahkan Ajang Putra Putri Ekowisata 2021

Mengenai penilaian terhadap para finalis, ungkapnya, proses penilaian telah dimulai sejak para finalis menjalani agenda pra karantina virtual, pra karantina, dan karantina. Pada tahap karantina yang dilakukan di Ende, penilaian terhadap peserta dilakukan saat mengikuti agenda kegiatan seperti photoshoot, city tour, dan gala dinner.

Penilaian terhadap para finalis semakin ketat saat ajang Gelar Budaya yang diadakan satu hari sebelum grand final. Pada segmen Gelar Budaya, para finalis diberikan kesempatan menunjukkan bakat dan menampilkan kostum terbaik setiap daerah.

Baca Juga:  Ende Jadi Tuan Rumah Pemilihan Putra-Putri Ekowisata 2021

Saat acara Gelar Budaya tersebut penampilan peserta diamati secara detail baik bakat, peragaan, serta kostum nasional yang mereka kenakan. “Kami lihat dari bagaimana cara mereka membawakan, detail-detail bajunya seperti apa, ekspresi wajah, penguasaan panggung, itu sudah ada part-part penilaiannya sendiri”.

Lanjut Aldi Wibowo, penilaian terhadap para finalis masih dilanjutkan pada malam grand final ajang tersebut. Penilaian pada malam puncak cenderung bersifat intelegence atau mengenai wawasan dari para finalis.

Baca Juga:  KPP Pratama Ende Berikan Penghargaan Kepada RSUD

“Jadi pertanyaan di malam grand final itu bersifat intelegence atau wawasan. Pertanyaannya seputar dunia pariwisata tentu saja, dan selain itu, isu-isu lain seperti ilmu politik, sosial, budaya, dan hukum akan diberikan kepada para finalis”.

Para finalis akan dinilai dari ketepatan menjawab, kerapihan jawaban, struktur, serta public speaking  dan bagaimana para finalis menyampaikan jawaban.

Proses eleminasi pada malam grand final Pemilihan Putra Putri Ekowisata tahun 2021 dilakukan oleh 5 orang juri. Para juri akan menyeleksi para finalis dari tahap ke tahap hingga mendapat 3 finalis terbaik sebagai pemenang. (ARA/EN)

  • Bagikan