Ende  

Dinamika Calon Wabup Ende, Dari 5 Menjadi 3

Avatar photo
Kantor Bupati Ende
Kantor Bupati Ende

Koalisi partai pengusung Marsel-Djafar (MJ) baru-baru ini mengadakan pertemuan resmi untuk menyerahan rekomendasi nama-nama calon Wakil Bupati. Dari pertemuan itu diketahui, bursa pengisian jabatan Wabup menyisahkan 3 calon.

Sebelum mengerucut ke 3 calon, penelusuran media ini, setidaknya ada 5 nama yang digadang-gadang untuk posisi itu, selama kekosongan Wabup terjadi. Profil mereka pun bervariasi. Ada yang merupakan kader partai dan ada juga figur non partai.

Dua nama pertama datang dari Golkar, yakni Heri Wadhi dan Dominikus Mere. Dua nama tersebut telah ditetapkan dalam suatu keputusan resmi pada pertengahan Februari 2020.

Nama ketiga adalah Yosep Tote Badeoda. Nama Tote Badeoda beredar ke publik pada bulan Oktober 2020. Ketua Demokrat Ende Michael Badeoda, yang dikonfirmasi media ini dua bulan setelahnya, mengaku bahwa keputusan tersebut belum ditetapkan dalam keputusan resmi.

Namun, hingga saat ini keputusan resmi yang diupayakan itu tak urung dikeluarkan oleh Demokrat.

Nama keempat adalah Stefanus Tani Temu. Akademisi yang pernah maju dalam Pilkada Ende ini, diketahui melakukan pendekatan dengan beberapa partai. Setidaknya ada dua partai di lingkaran koalisi MJ melakukan pembicaraan dengan Stef Tani. Keduanya adalah PKS dan PKPI Ende.

Nama terakhir adalah ketua Nasdem Ende, Erikos Emanuel Rede. Nama ini baru dimunculkan saat kunjungan anggota DPR RI dari Nasdem, Julie Laiskodat.

Julie, istri Gubernur NTT Viktor Laiskodat, menyatakan partainya siap memberikan kader terbaik untuk pengisian jabatan Wabup. Pernyataan itu dilontarkan kala mengunjungi Ende pada 18 Oktober 2020, seperti dilansir sejumlah media.

Keinginan Nasdem ternyata bukan isapan jempol belaka. Nasdem kemudian mengeluarkan surat resmi yang merekomendasikan Erik Rede sebagai calon Wabup, tak lama setelah pernyataan Julie.

Dengan demikian, hingga saat ini, hanya 3 nama calon Wabup Ende yang telah mengantongi rekomendasi resmi dari partai. Ketiga calon akan dibahas dalam pertemuan koalisi MJ selanjutnya, yang direncanakan pada 13 Maret 2021. (ARA/EN)