Menu

Mode Gelap

Ende · 2 Mar 2022 09:48 WIB

Dua Tahun di Senayan, Julie Laiskodat Paparkan Capaian Kerja


					Julie Sutrisno Laiskodat Perbesar

Julie Sutrisno Laiskodat

Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai NasDem, Julie Sutrisno Laiskodat membeberkan hasil kinerja selama dua tahun. Dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Senin (28/2/2022), mengatakan, komisi IV DPR RI fokus pada bidang pertanian, kelautan dan perikanan, lingkungan hidup dan kehutanan, juga badan urusan logistik.

Bunda Julie-demikian sapaan akrabnya, dilantik menjadi anggota DPR RI menggantikan sejawatnya Johnny G. Plate yang didapuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Selepas dilantik menjadi anggota DPR RI, istri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ini langsung menggebrak.

“Saya dilantik pada hari Kamis, 27 Februari 2020 dimana saya PAW dari kakak Johnny G. Plate yang dipilih Presiden sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika,” papar Julie Sutrisno laiskodat.

Sebagai Anggota DPR RI /MPR RI Komisi IV Fraksi Partai NasDem, Komisi IV fokus pada pertanian, kelautan dan perikanan, lingkungan hidup dan kehutanan dan Badan Urusan Logistik (BULOG) ia tetap kukuh dalam tugas pokoknya sebagai wakil rakyat. Dalam rapat-rapat atau sidang ia tetap memperjuangkan aspirasi yang diberikan oleh masyarakat di dapilnya yang meliputi Flores, Lembata dan Kabupaten Alor. Sejumlah aspirasi itu ia gol-kan di gedung Senayan.

Adapun hasil aspirasi yang ia salurkan adalah bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan), baik combine harvester besar, mesin rontok, traktor, maupun pompa air dan sebagainya. Program ini telah berjalan sejak tahun 2020 dan 2022 ini.

Sebagian besar alat ini telah didistribusikan kepada kelompok tani, BioFlok, UPPO, Ruminansia Potong, Bang Pesona, Kebun Bibit Rakyat (KBR), Hortikultura, porang, program benih cabe dan benih bawang merah, bantuan ayam, babi dan kambing, benih ikan, pakan ikan, paket ikan kering, serta bantuan sumor bor. Semua bantuan dan program itu disalurkan untuk seluruh masyarakat atau kelompok yang tersebar di seluruh wilayah Dapilnya.

“Kegiatan parlemen tahun 2020-2021 dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga kegiatan Perlemen banyak dilakukan secara virtual, namun kegiatan secara tatap muka tetap di lakukan dengan protokol kesehatan. Sebagai Anggota Komisi IV DPR RI saya telah melakukan berbagai program di Dapil NTT I dimana setiap kunjungan saya selalu mendengar aspirasi dari masyarakat dan tentunya saya akan perjuangkan,” papar Julie Sutrisno Laiskodat.

Ia menjelaskan dalam tugasnya sebagai wakil rakyat, ia fokus pada permasalahan pangan (kesejahteraan petani dan peternak), kelautan dan perikanan serta kelestarian hutan dan lingkungan.

“Sebagai Anggota DPR RI tentunya saya sebagai Anggota MPR RI dan saya juga sudah mengadakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar di Dapil NTT 1, yaitu Manggarai Barat, Flores Timur, Ngada, Ende, Sikka, Nagekeo, Manggarai,” jelasnya.

Ia juga memaparkan laporan kinerjanya Selama tahun 2020-2022 yaitu menghadiri rapat kerja Komisi IV baik dengan Menteri Pertanian, KKP, KLHK dan mengikuti berbagai kunjungan.

Kepedulian Julie Sutrisno Laiskodat tak hanya ditunjukkan kepada daerah pemilihannya. Ia harus membagi cintanya kepada rakyat NTT di daerah Pemilihan II. Bantuannya bermacam-macam baik Alsintan dan pengembangan UMKM yang butuh sentuhan nyata di masa pandemi. Seperti yang dilakukan di Kabupaten Sumba Barat. Julie menyerahkan 6 unit traktor untuk pengolahan lahan pertanian di 6 kecamatan di Sumba Barat.

Bantuan traktor ini membuat para petani menangis terharu. Mereka tidak pernah menyangka bisa mendapatkan bantuan itu dengan proses yang terbilang simpel. Karena pada beberapa tahun sebelumnya para petani pernah masuk dalam daftar penerima bantuan traktor dari pemerintah setempat. Namun ketika traktor datang, mereka dicoret dari daftar penerima.

Proses pengajuan bantuan traktor kata dia terbilang sangat memudahkan para kelompok tani. Para anggota kelompok kata dia mengirimkan proposal itu melalui layanan pesan WhatsApp. Prosesnya sangat mudah dan tidak berbelit-belit.

“Mewakili para petani, saya menyampaikan kata hati mereka kepada Bunda Julie Sutrisno Laiskodat. Mereka mengucapkan Limpah Terima Kasih kepada Bunda karena sudah membantu kebutuhan para petani. Ini sangat luar biasa bagi para petani,” kata Yared mewakili para petani. (*/EN)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Klarifikasi Kadis Marianus Soal Keributan di Dinas Pertanian

20 Juni 2022 - 12:02 WIB

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ende, Marianus Alexander menunjukkan flash disk berisi bukti rekaman CCTV terkait peristiwa keributan (17/06/22)

PPK dan Kontraktor Toilet Dispar Ende Diperiksa 8 Jam Oleh Jaksa

16 Juni 2022 - 14:30 WIB

Kasi Pidsus Kejari Ende, Muhammad Fakhry

Keributan di Dinas Pertanian Ende, Staf Labrak Kadis Soal Surat Tugas

16 Juni 2022 - 12:32 WIB

Situasi di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Ende beberapa saat setelah peristiwa keributan (16/06/22)

Usut Dugaan Korupsi 4 Toilet Dispar, Kejari Ende Banjir Dukungan

15 Juni 2022 - 11:58 WIB

Ketua Gerakan Mahasiswa NasionaI Indonesia (GMNI) Cabang Ende, Marianus Yanto Woda bersama jajaran pengurus di Sekretariat GMNI Ende (07/06/22)

Tommy Nulangi Nyatakan Maju Calon Ketua Patria Cabang Ende

15 Juni 2022 - 09:16 WIB

Jaksa Panggil PPK dan Kontraktor Toilet Setengah Miliar Dispar Ende

14 Juni 2022 - 04:55 WIB

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Ende, Muhammad Fakhry
Trending di Ende