Ende Jadi Tuan Rumah Pemilihan Putra-Putri Ekowisata 2021

  • Bagikan
Putri Ekowisata NTT tahun 2021, Yudith Nomleni, melakukan pemotretan pra event di Taman Nasional Kelimutu (10/09/21/foto James Radar)

Kabupaten Ende menjadi tuan rumah event nasional Pemilihan Putra-Putri Ekowisata tahun 2021. Penentuan Kabupaten Ende sebagai tuan rumah merupakan keputusan Dekranasda Propinsi Nusa Tenggara Timur sebagai penyelenggara ajang tersebut tahun ini.

Pemilihan Putra-Putri Ekowisata merupakan ajang nasional yang diikuti perwakilan dari seluruh propinsi se-Indonesia. Pemilihan Putra-Putri Ekowisata tahun ini merupakan penyelenggaran kali kedua bagi event itu. Tahun lalu, penyelenggaraan perdana bertempat di Propinsi Bali.

Kepastian Kabupaten Ende menjadi tuan rumah dikonfirmasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Martinus Satban (14/09/21), penentuan lokasi merupakan kewenangan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Propinsi NTT, sebagai penyelenggara.

“Konsep besar penyelenggaraan Pemilihan Putra-Putri Ekowisata itu wewenang Dekranasda Propinsi NTT. Tentu saja kita berterimakasih sebab dipercayakan menjadi tuan rumah dari event nasional,” ungkapnya.

Pemilihan Putra-Putri Ekowisata akan diselenggarakan pada tanggal 15-17 November 2021. Tujuan ajang ini untuk mempromosikan pariwisata berbasis ekowisata. Konsep ekowisata sendiri merupakan pembangunan pariwisata berbasis ekosistem.

“Jadi ke depan semua pegiat pariwisata harus menyiapkan prinsip-prinsip pariwisata berbasis lingkungan,” lanjut Satban.

Saat pelaksanaan event, jelasnya, jalannya pemilihan merupakan domain Dekranasda NTT sebagai penyelenggara sementara pihaknya menyiapkan fasilitas pendukung dan atraksi wisata.

“Jadi Dekranasda NTT fokus di proses pemilihan, kita mendukung dengan atraksi-atraksi dan promosi obyek wisata”.

Dinas Pariwisata Kabupaten Ende kini tengah mempersiapkan agenda atraksi memeriahkan sekaligus promosi spot-spot wisata daerah. Rencananya, beberapa hari sebelum Pemilihan Putra-Putri Ekowisata berlangsung, diadakan atraksi paralayang dari bukit Kezimara.

Selain itu diadakan festival tenun, pameran ekonomi kreatif, atraksi budaya, dan kunjungan para peserta ke obyek-obyek wisata.

Fasilitas pendukung lainnya seperti transportasi dan perhotelan juga tidak luput dari perhatian. “Kita juga siapkan fasilitas pendukung seperti kesiapan perhotelan dan transportasi”.

Di lain pihak, Dekranasda NTT sebagai penyelenggara juga terus melakukan persiapan pra event. Pada 9 September 2021 Dekranasda NTT mengirim Putra dan Putri Ekowisata NTT mengunjungi Ende. di Ende, keduanya melakukan pemotretan di Taman Nasional Kelimutu dan melakukan pembicaraan dengan Bupati Ende. (ARA/EN)

  • Bagikan