Ende  

Ikuti Aspirasi Publik, PDIP Ende Rilis Daftar Bakal Calon Bupati dan Wabup

Avatar photo
Ketua bidang ideologi dan kaderisasi, Heribertus Gani, didampingi ketua bidang hukum Paulinus Seda dan bendahara PDIP Ende, Vinsen Sangu saat keterangan pers (25/11/21)
Ketua bidang ideologi dan kaderisasi, Heribertus Gani, didampingi ketua bidang hukum Paulinus Seda dan bendahara PDIP Ende, Vinsen Sangu saat keterangan pers (25/11/21)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Ende merilis nama-nama bakal calon bupati dan wakil bupati Ende (25/11/21). Pengumuman daftar bakal calon bupati dan wakil bupati (wabup) Ende merupakan hasil survei internal partai merekam aspirasi publik.

Bertempat di sekretariat PDIP Ende, Jalan Eltari, Kota Ende, pengumuman daftar calon bupati dan wabup disampaikan oleh ketua bidang ideologi dan kaderisasi, Heribertus Gani, didampingi ketua bidang hukum Paulinus Seda dan bendahara PDIP Ende, Vinsen Sangu.

“Kami akan menyampaikan bakal calon bupati dan wakil bupati Ende periode 2024-2029 berdasarkan hasil rapat maupun kerja-kerja politik Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) selama beberapa pekan terakhir,” kata Heribertus Gani, yang juga merangkap sebagai ketua Bapilu PDIP Kabupaten Ende.

Penjaringan yang dilakukan oleh PDIP Ende merupakan bagian dari langkah politik PDIP Ende dalam merespon keinginan publik, lanjutnya. Nama-nama yang muncul merupakan aspirasi masyarakat yang mengemuka di ruang publik Kabupaten Ende. Karena mengikuti aspirasi publik itulah, jelasnya, nama bakal calon dirilis tidak hanya berasal dari internal PDIP melainkan juga termasuk figur dari partai lain.

“Ada sekian nama yang kita identifikasi. Dan tentu, nama-nama itu tidak lahir di internal DPC PDI Perjuangan tetapi lahir dari aspirasi, yang berhasil direkam oleh PDI Perjuangan… PDI Perjuangan mempunyai tugas untuk merekam siapapun yang diaspirasikan oleh masyarakat”.

Nama-nama seperti Erikos Emanuel Rede dari Nasdem, Yoseph Tote Badeoda dari Demokrat, dan Mohamad Orba Kamu Imma dari Gerindra, masuk daftar penjaringan. Begitupun figur dunia akademisi seperti Laurentius Gadi Djou dan Stefanus Tani Temu.

Nama-nama bakal calon hasil penjaringan akan diagendakan pembahasan lebih lanjut dalam Rakercabsus atau Rapat Kerja Cabang Khusus, yang secara khusus membahas strategi menghadapi Pemilu. Setelah itu nama bakal calon akan dipetakan dalam survei elektabiltas dan polularitas yang menjadi pijakan bagi PDIP mengusung kandidat pada Pemilu serentak tahun 2024.

Dan berikut ini daftar bakal calon bupati dan wakil bupati Ende hasil penjaringan PDIP Kabupaten Ende.

  1. Haji Djafar Haji Ahmad, MM (Bupati Ende saat ini/ketua Depercab PDIP Ende)
  2. Fransiskus Taso, S.sos (Ketua DPRD Ende/ketua PDIP Ende)
  3. Laurentius Gadi Djou (Akademisi)
  4. Agustinus Ngasu (Setda Kabupaten Ende)
  5. Erikos Emanuel Rede (Ketua Nasdem Ende)
  6. Angelius Wake Kako (Anggota DPD RI)
  7. Yoseph Tote Badeoda (Mantan anggota DPR RI/Demokrat)
  8. Syahrulan Pua Sawa (Mantan anggota DPR RI/PAN)
  9. Heribertus Gani (Mantan anggota DPRD Ende/PDIP Ende)
  10. Yustinus Sani (Mantan anggota DPRD Ende/PDIP Ende)
  11. Dominikus Mere (Golkar)
  12. Yulius Cesar Nonga (Anggota DPRD Ende/PKB)
  13. Mohamad Orba Kamu Imma (Anggota DPRD Ende/PKB)
  14. Sabri Indradewa (Anggota DPRD Ende/PKB)
  15. Novel Alhabsyi (Pengusaha/PDIP)
  16. Servas Mario Pati (Akademisi)
  17. Stefanus Tani Temu (Akademisi)
  18. Yadin Pua Reke (Anggota DPRD Prop NTT/Geridra)