Ende  

Ini 9 Paket Pekerjaan Pemkab Ende yang Gagal Tender, Nilainya Miliaran

Avatar photo
Kantor Bupati Ende, Kota Ende
Kantor Bupati Ende, Kota Ende

Sebanyak 9 paket pekerjaan Pemkab Ende tahun anggaran 2023 dinyatakan gagal tender. Akibat kegagalan proses tender tersebut miliar rupiah dana pembangunan gagal terserap bagi kebutuhan masyarakat.

Gagalnya tender sejumlah paket pekerjaan terungkap dalam rapat yang digelar DPRD Ende bersama pemerintah (1/9/23) membahas serapan anggaran tahun 2023. Dalam paparan pemerintah disampaikan terdapat 9 paket pekerjaan yang telah dipastikan tidak dapat dikerjakan akibat gagal tender.

“Kami sampaikan bahwa ada 9 paket pekerjaan tahun ini gagal tender, (paket pekerjaan) itu ada di dinas PU, Dinkes, kemudian dinas P dan K,” ungkap Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Ende, Habentius Robertus Mau (1/9).

Habentius Robertus Mau yang ditemui kembali oleh media ini pada Selasa, (5/9) menjelaskan, paket pekerjaan yang mengalami gagal tender terdiri atas beberapa alokasi anggaran seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Dana Alokasi Umum (DAU) spesifik grand.

Kedua alokasi anggaran tersebut gagal terserap di dua dinas yaitu Dinkes dan Dinas PK. Untuk pekerjaan bersumber dari DAK, kata Habentius, paket pekerjaan sepenuhnya gagal sebab telah melampaui batas waktu peng-input-an kontrak yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat pada 31 Juli 2023.

Sedangkan paket pekerjaan bersumber dari DAU spesifik grand masih dapat ditenderkan ulang namun mengingat masa waktu pekerjaan yang sempit, dirinya pesimis paket-paket pekerjaan dapat diselesaikan pada tahun ini.

Selain itu, terdapat pula paket pekerjaan bersumber dari Dana Pinjaman Daerah yang juga dinyatakan gagal tender. Angkanya fantastis yakni Rp 9,8 miliar terdapat di dinas Pekerjaan Umum (PU).

Mengenai penyebab kegagalan tender, sambungnya, kegagalan tender tahun ini paling banyak disebabkan oleh para penyedia tidak memenuhi syarat kelayakan menangani paket pekerjaan. “Ini (gagal tender) disebabkan banyak penyedia tidak memenuhi syarat,” tuturnya.

Berikut ini daftar 9 paket pekerjaan Pemkab Ende yang dinyatakan gagal tender.

  • Dinas PU, Rp 9, 8 miliar, sumber dana Pinjaman Daerah, peningkatan jalan Nangaba-Wologai-sp. Maukaro
  • Dinkes, RP 750 juta, sumber DAU spesifik grand, rehabilitasi berat Pustu taniwoda
  • Dinkes, Rp 1,8 miliar, sumber DAK, Rehabilitasi/ pengembangan bangunan gedung Instalasi Gawat Darurat RSUD Ende
  • Dinas PK, Rp 310 juta, sumber DAK, Pengembangan ruang laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 1 Detusoko
  • Dinas PK, Rp 440 juta, DAK, Pengembangan ruang laboratorium komputer SMP Swasta Pancasila Pora
  • Dinas PK, Rp 320 juta, DAK, Pembangunan ruang laboratorium komputer SMP Negeri 4 Wolowaru
  • Dinas PK, Rp 320 juta, DAK, Pembangunan ruang laboratorium komputer SMP Negeri Ine Pare
  • Dinas PK, Rp 295 juta, DAK, Pembangunan toilet (jamban) beserta sanitasi SMP Negeri 1 Ende
  • Dinas PK, Rp 300 juta, DAK, Pembangunan Ruang Tata Usaha SMP Negeri Detukeli

(ARA/EN)