Ende  

Ini Agenda Jokowi di Ende Selain Apel 1 Juni

Avatar photo

Persiapan Kabupaten Ende menerima kunjungan orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo masih terus dilakukan. Hari ini, Sabtu 14 Mei 2022, Pemerintah Kabupaten Ende melakukan rapat evaluasi dengan tim BPIP, Sesmil Presiden dan perwakilan dari Pemprov NTT.

Tak hanya pemantapan persiapan, rapat ini juga membahas agenda Presiden Jokowi selama berada di Ende. Kunjungan Jokowi sendiri pada intinya terkait dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, selain itu Presiden juga diagendakan mengunjungi beberapa spot penting yang berada di Kota Ende. Umumnya, tempat-tempat tersebut merupakan lokasi bersejarah yang dulunya akrab dengan sosok pendiri bangsa, Bung Karno.

Menurut Bupati Ende Djafar Achmad (14/5/22), saat tiba di Kota Ende, Presiden Jokowi diagendakan untuk menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Lokasi yang digunakan untuk upacara tidak lain adalah Lapangan Pancasila, Kota Ende. Usai melaksanakan upacara Presiden Jokowi akan melaksanakan kunjungan ke Taman Renungan Bung Karno dan Musuem Tenun Ikat.

Khusus di Musuem Tenun Ikat, agenda sementara yang diusulkan adalah pengangkatan Jokowi sebagai mosalaki atau tetua adat.

“Setelah apel (Harlah Pancasila), pak Presiden akan mengunjungi rumah adat kita Museum Tenun Ikat, di sana ada penobatan beliau sebagai Mosalaki (tetua adat) Ria Bewa. Disematkan di rumah adat begitu turun rumah adat terus putar itu tugu lalu gawi bersama diiringi dengan musik tradisional kita,” jelas Bupati Ende diwawancara usai rapat (14/5).

Mengenai agenda tersebut Pemerintah Kabupaten Ende telah menyiapkan tari-tarian dan pakaian adat daerah. Tarian adat nantinya akan dikolaborasikan dibawah koordinasi musisi nasional Gilang Ramadhan, sementara untuk pakaian adat daerah yang dikenakan oleh Presiden Jokowi, Pemerintah Daerah telah menyiapkan dan akan dikirim ke Jakarta untuk didesain.

Masih di Museum Tenun Ikat, Pemkab juga menyiapkan atraksi budaya pembuatan sarung atau tenun yang juga akan disaksikan oleh Presiden RI.

Dari Museum Tenun Ikat selanjutnya Jokowi diagendakan menyambangi situs Rumah Pengasingan Bung Karno.

“Nah, baru beliau ke situs (Rumah Pengasingan) Bung Karno. Di situs nanti kita suguhkan snack yang dulu Bung Karno makan pagi hari”.

Lanjut Bupati Ende, hingga saat ini dirinya masih berupaya agar Presiden RI juga mengunjungi Danau Kelimutu, sebab hal tersebut merupakan permintaan langsung Jokowi dalam salah satu kunjungan di NTT pada tahun 2014.

Mengenai persentase kematangan persiapan, sejauh ini persiapan yang dilakukan oleh Pemkab Ende sudah mencapai 90 persen, dan tinggal melengkapi beberapa item yang diminta disiapkan. Bupati Ende menyebut terdapat dua persiapan yang hingga saat ini masih dikerjakan yakni pembuatan toilet khusus dan ruang ICU (Intensive Care Unit).

“Kita hampir 90 persen tinggal toilet saja sama ICU di Rumah Sakit, sebelum tanggal 28 (Mei) itu harus 98 persen”.

“Yang lain-lain sudah ada, masalah tidak ada”. (ARA/EN)