Julius Cesar Nonga Ungkap Kunci Kemenangan Perse Atas PSK Kabupaten Kupang

Avatar photo
Manajer Perse Ende ajang ETMC 2022 Julius Cesar Nonga dan skuad Perse Ende
Manajer Perse Ende ajang ETMC 2022 Julius Cesar Nonga dan skuad Perse Ende

Perse Ende berhasil menorehkan kemenangan telak atas PSK Kabupaten Kupang dalam lanjutan turnamen Eltari Memorial Cup 2022. Dalam laga yang dihelat pada Rabu 14 September tersebut Perse Ende membukukan kemenangan 4 gol tanpa balas.

Manajer tim Perse Ende, Yulius Cesar Nonga mengatakan, kemenangan besar yang diraih pada laga ini merupakan hasil evaluasi dan perombakkan yang cukup besar pada skuad inti Perse Ende. Pada laga ini Perse merombak tim dengan memainkan 5 pemain inti yang belum pernah ditampilkan.

Kemenangan Perse Ende dibuka pada menit awal babak pertama melalui striker bernomor punggung 9, Cahya Dwi Permana. Setelah itu permainan berjalan apik dimana kedua tim saling serang hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, lagi-lagi Perse Ende berhasil membuat cepat ketika pertandingan baru berjalan kurang dari dua menit. Serangan Perse Ende melalui tendangan penyerang bernomor punggung 7 tak dapat ditangkap oleh kiper PSKK dan bola rebound berhasil dimanfaatkan pemain Perse Adi Aba yang menjebol gawang lawan. Perse Ende 2-0 PSK Kabupaten Kupang.

Setelah itu laga berjalan tidak seimbang. Perse Ende yang unggul di seluruh lini menguasai alur bola dan membuat skuad PSKK sulit mengembangkan permainan. Praktis di babak kedua PSKK hanya mengandalkan serangan balik dan berupaya mengoptimalkan tendangan bebas yang didapatkan.

Unggul dalam penguasaan bola membuat Perse Ende leluasa mengatur tempo permainan dan alur serangan. Alhasil, Perse Ende berhasil menambah 2 gol lagi sebelum wasit meniup peluit panjang berakhirnya pertandingan.

Kemenangan 4-0 atas PS Kabupaten Kupang membuat Perse Ende memuncaki klasemen dengan 4 poin sedangkan PS Kabupaten Kupang tertahan dengan 3 poin hasil kemenangan atas Persim Manggarai pada laga perdana.

Menurut Manajer Perse Ende, Yulius Cesar Nonga, kemenangan tersebut merupakan hasil evaluasi dan perombakkan pada skuad inti Perse Ende setelah pada laga sebelumnya hanya mampu meraih hasil imbang. Pada laga pertama permainan Perse sulit berkembang dan hanya mampu mengandalkan serangan balik, oleh sebab itu kata Yulius, tim melakukan evaluasi dan perombakkan pada skuad inti.

Tak main-main, terdapat 5 pemain baru yang dimasukkan dalam skuad inti hasil perombakkan termasuk posisi kiper. Ke 5 pemain itu tidak diturunkan dalam laga sebelumnya menghadapi PS Kota Kupang atau baru dimainkan pada laga kali ini.

“Ada perubahan yang cukup besar di pertandingan ini dengan skema tetap 4-2-3-1, tetapi starting ada 5 pemain baru yang dimainkan yang belum ada di pertandingan sebelumnya, termasuk kiper,” jelas Yulius dihubungi media ini (14/0/22). Penjaga gawang yang dimainkan pada pertandingan kali ini merupakan kiper utama Akbar Rahman, sambungnya.

Faktor lain yang menjadi penentu kemenangan Perse Ende adalah para pemain sudah mulai beradaptasi dengan kondisi lapangan dan cuaca. Memang, kata Yulius, tim pelatih telah menginstruksikan kepada para pemain agar tidak menghiraukan apapun kendala di lapangan dan fokus pada kemenangan.

Pada laga melawan PSK Kabupaten Kupang, para pemain Perse Ende juga diinstruksikan agar bermain lepas dan tidak boleh terbebani target. Hasilnya, kata Yulius, terlihat permainan anak-anak Laskar Kelimutu mudah berkembang baik pada sisi pengusaan bola maupun alur serangan.

“Adaptasi terhadap lapangan berhasil dilakukan secara baik oleh pemain. Tim manajemen dan pelatih telah menginstruksikan para pemain untuk bermain enjoy di lapangan tanpa harus mengeluh dengan kondisi apapun, karena ini realita yang mesti dihadapi dan mesti berhasil dimenangkan,” tutupnya. (ARA/EN)