Kelurahan Paupire Lakukan Penyemprotan Disinvenktan Secara Masif

Avatar photo
1pau

Kelurahan Paupire Kecamatan Ende Tengah, Kota Ende melakukan penyemprotan disinvektan di seluruh wilayah kelurahan (22/04/20). Penyemprotan dilakukan secara massif dengan melibatkan seluruh ketua Rukun Tetangga (RT) di kelurahan tersebut.

Hadir memantau kegiatan ini, Camat Ende Tengah, anggota DPRD Megi Sigasare, serta pihak Polres dan Kodim Ende.

Menurut Lurah Paupire Kristoforus Nggala, penyemprotan disinvektan merupakan bukti keseriusan pemerintah tingkat kelurahan dalam memerangi penyebaran virus Corona.

“Selain itu, apa yang pemerintah lakukan ini, juga merupakan stimulus atau rangsangan kepada masyarakat, dengan harapan masyarakat pro aktif melakukan langkah-langkah pencegahan,” papar Kris.

Penyemprotan disinvektan hari ini merupakan kali kedua bagi Kelurahan Paupire, setelah sebelum pernah dilakukan pada bulan Maret 2020.

Berbeda dengan kali pertama yakni penyemprotan dilakukan oleh beberapa petugas, kali ini, penyemprotan diadakan secara masif melibatkan seluruh RT di wilayah tersebut.

Para ketua RT hadir di kantor kelurahan mengambil alat semprot dan membawa pulang alat tersebut untuk disemprotkan di wilayah RT masing-masing. Penyemprotan disinvektan hari ini selanjutnya akan dilakukan secara rutin.

Menurut Kris Nggala, metode penyemprotan dengan membagikan alat semprot ke para RT dinilai lebih efektif. Sebab, penyemprotan yang dilakukan hanya oleh beberapa petugas kurang menjangkau setiap sudut kelurahan. Penyemprotan yang dilakukan beberapa petugas biasanya hanya menyentuh obyek-obyek vital.

Berbeda dengan metode ini, jika dilakukan oleh pihak RT maka sudah tentu akan akan dilakukan lebih menyeluruh.

Memang, diakui Kris penyemprotan disinvektan tidak boleh dilakukan secara serampangan. Karenanya pihak Kelurahan Paupire meminta para ketua RT menyiapkan petugas. Setelah itu para petugas ini diarahkan tentang cara penyemprotan.

Tambah Lurah Paupire, penyemprotan disinvektan merupakan salah satu langkah pencegahan. Langkah-langkah lain juga terus digalakkan, seperti memantau para Pelaku Perjalanan Dalam Pemantaun (PPDP) dan memastikan penutupan tempat usaha pada malam hari.

Camat Ende, Tengah Emanuel Taji yang hadir membuka kegiatan penyemprotan memberikan apresiasinya kepada Kelurahan Paupire. Camat Eman Taji juga mengingatkan para RT untuk terlibat aktif khususnya dalam memantau PPDP di wilayah masing-masing.

Dalam pantauan Ende News, proses penyemprotan dilakukan sekitar pukul 11.00 WITA dan masih berlangsung hingga saat ini. (ARA/EN)