Ende  

KMP Sirung Lakukan Pelayaran Perdana ke Pulau Ende

Avatar photo
Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Sirung
Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Sirung

Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Sirung melakukan pelayaran perdana ke Pulau Ende, Kamis 7 Januari 2021. Pelayaran perdana merupakan acara simbolis bagi KMP Sirung yang akan melayani penyebrangan ke Pulau Ende.

Ikut dalam pelayaran perdana, Bupati Ende Djafar Achmad, para Asisten Sekda dan rombongan lainnya, dengan mengikutsertakan kendaraan dinas masing-masing.

Dalam tatap muka bersama masyarakat Pulau Ende, Bupati Djafar meminta kepada masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan KMP Sirung agar dapat digunakan dalam waktu lama.

Bupati Ende menegaskan, kehadiran KMP Sirung dibawah naungan PT Duta Flobamora dihadirkan demi meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Ende. Dengan kapasitas muatan tergolong besar, KMP Sirung memudahkan warga mengangkut berbagai kebutuhan.

Senada dengan Bupati Djafar Achmad, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende, Condrad Siahaan meminta masyarakat menjaga kebersihan kapal. Hal itu dikatakannya mengingat faktor kebersihan berpengaruh pada kenyamanan berlayar.

Kapal penyeberangan berbobot 750 GT tersebut merupakan kapal yang dibangun dengan dana APBN oleh Satker Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur selama 2 tahun anggaran, yakni 2011 dan 2012.

Selama ini KMP Sirung hanya melayani penyebrangan rute Kupang-Ende. (ARA/EN)