Ende  

Melihat Vaksinasi Covid-19 Para Nakes di Puskesmas Kota dan Onekore

Avatar photo
Pemberian vaksin Covid-19, Sinovac, untuk para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Onekore (08/02/21)
Pemberian vaksin Covid-19, Sinovac, untuk para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Onekore (08/02/21)

Pemerintah Kabupaten Ende menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Nesehatan (Nakes) di Puskesmas, Senin 8 Februari 2021. Di Wilayah Kota Ende, diantaranya Puskesmas Onekore dan Puskesmas Kota.

Proses vaksinasi di 2 Puskesmas tersebut dimulai sejak pagi hari. Di Puskesmas Onekore, proses vaksinasi dimulai dengan penyerahan vaksin Sinovac oleh Camat Ende Tengah. Vaksin Sinovac yang diberikan kepada Puskesmas Onekore sebanyak 80 vaksin.

Eman Taji, Camat Ende Tengah mengatakan, vaksinasi Covid-19 merupakan upaya pemerintah menyudahi pandemi yang berkepanjangan. Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Ende amat mengharapkan proses vaksinasi berjalan sesuai target.

Di Puskemas Onekore sendiri terdapat 171 Nakes yang direncanakan menerima vaksin. Menurut Kepala Puskemas Onekore, Adi Dominggo, dari total tersebut pihaknya menargetkan sebanyak 30 Nakes menerima vaksin setiap harinya.

“Kita (sasaran penerima vaksin) total ada 171, tetapi tiap harinya kita layani 30 (orang Nakes),” kata Adi Dominggo (08/02).

Puskesmas Onekore terlihat siap menjalani proses vaksinasi. Meja-meja sebagai tempat screening tertata rapih, begitupun para petugas. Seluruh proses berlangsung sesuai protokol kesehatan.

Kondisi sama juga terlihat di Puskesmas Kota, yang terletak di Jalan Kokos, Kelurahan Mautapaga, Kota Ende.

Di Puskesmas Kota terdapat 217 Nakes yang terdata sebagai sasaran vaksinasi. Kata Kepala Puskesmas Kota, dokter Yohanes Kritianus Naga, sasaran penerima vaksin di Puskesmasnya ialah seluruh Nakes yang berdomisili di wilayah kerja Puskesmas Kota.

“Untuk total sasaran kita yang terdata, itu ada 217 orang. Dari 217 itu, yang mana, tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Kota, tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, klinik swasta dan yang bekerja di Dinas Kesehatan, yang berdomisili di wilayah kerja Puskemas Kota,” jelasnya.

Wilayah kerja Puskesmas Kota sendiri meliputi 3 kelurahan. Kelurahan Mautapaga, Kelurahan Kelimutu, dan Kelurahan Potulando.

Hingga saat ini Puskemas Kota mendapat 85 vaksin yang nantinya akan ditambah sesuai dengan jumlah sasaran.

Sebanyak 30 orang Nakes telah menerima vaksin pada hari pertama. Kata dokter Yohanes Naga, pihaknya memang menargetkan 30 orang Nakes divaksin setiap harinya.

Lalu, mengenai kapan vaksinasi tahap kedua akan diberikan, jelasnya, akan diberikan pada 14 hari kemudian terhitung sejak vaksinasi pertama. (ARA/EN)