Ende  

Misa Syukur Awali Puncak Acara HUT Frateran Ndao, Ende

Avatar photo
Vikjend Keuskupan Agung Ende, RD Yoseph Daslan memimpin Misa syukur perayaan HUT Frateran Ndao, Ende (19/08/23)
Vikjend Keuskupan Agung Ende, RD Yoseph Daslan memimpin Misa syukur perayaan HUT Frateran Ndao, Ende (19/08/23)

Misa syukur awali puncak acara perayaan HUT Frateran Ndao, Kota Ende, Sabtu 19 Agustus 2023. Misa syukur dipimpin oleh Vikjend Keuskupan Agung Ende, RD Yoseph Daslan dan ikuti oleh ribuan peserta terdiri dari para siswa dan alumni Frateran Ndao.

Hadir mengikuti Misa syukur tersebut Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede, ketua Ilunda Nasional Raldi Doy, ketua Ilunda NTT Dominikus Mere, serta para alumni Frateran Ndao diantaranya Honing Sani, Yulius Cesar Nonga, Don Bosco Rega dan Maximus Dheki.

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

Seperti diketahui, tahun ini SMPK Frateran Ndao merayakan HUT ke 75 tahun, HUT SMAK Frateran Ndao ke 34, serta HUT kongregasi Bunda Hati Kudus (BHK) selaku pendiri sekolah yang ke 150 tahun.

Misa syukur menjadi pembuka puncak acara HUT Frateran Ndao. Usai Misa, perayaan HUT dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, pertunjukan, serta penyerahan sumbangan dari para alumni Frateran Ndao.

Vikjend Keuskupan Agung Ende, RD Yoseph Daslan menyampaikan salam hangat dan rasa bangga dari Uskup Agung Ende Mgr Vinsensius Sensi Potokota, atas pencapaian lembaga pendidikan Frateran Ndao yang terus menghasilkan lulusan berkualitas di Kabupaten Ende.

Uskup Agung Ende, kata RD Yoseph Daslan, memberi perhatian dan berterimakasih atas karya pelayanan Frateran Ndao yang mampu memberi warna yang khas di dunia pendidikan di Ende.

“Saya menyampaikan salam hangat dan rasa bangga dari Bapak Uskup Mgr Vincensius Sensi Potokota, atas pencapaian yang telah dilalui, dialami, oleh kedua lembaga pendidikan dibawah asuhan yayasan Mardi Wiyata ini,” tutur RD Yoseph Daslan (19/08/23).

“Bapak Uskup menyampaikan banyak terimakasih atas karya pelayanan, pengorbanan dan perhatian dalam memberi warna yang khas pada dunia pendidikan di Keuskupan Agung Ende ini,” sambungnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Yang Mulia Uskup Agung Ende tidak dapat menghadiri HUT Frateran Ndao sebab masih menjalani pengobatan. Kendati demikian, tuturnya, hati dan doa Uskup Agung Ende tertuju pada perayaan HUT Frateran Ndao hari ini. Sukacita perayaan HUT Frateran Ndao akan menjadi nutrisi dan menyemangat bagi Uskup Agung Ende menjadi pengobatan, kata RD Yoseph Daslan.

Di tempat sama, Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede menyampaikan terimakasihnya atas nama pemerintah daerah terhadap seluruh kontribusi Frateran Ndao menyelenggaran pendidikan bermutu di Kabupaten Ende.

Sejak berdiri, SMPK dan SMAK Frateran Ndao telah membentuk dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi sehingga mampu berkiprah hingga di kancah internasional.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada kongregasi Bunda Hati Kudus, kepada SMPK dan SMAK Frateran Ndao yang secara konsisten menyelenggarakan pendidikan untuk melahirkan sumber daya manusia yang telah berkiprah, baik di tingkat Kabupaten Ende, di tingkat propinsi, nasional bahkan internasional,” kata Erik Rede.

Pemerintah Kabupaten Ende, sambungnya, berkomitmen memberi perhatian serius pada dunia pendidikan melalui alokasi anggaran. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya alokasi anggaran bidang pendidikan dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Oleh karena itu dirinya akan berupaya agar pada tahun 2024, SMPK Frateran Ndao mendapatkan alokasi anggaran dari pemerintah daerah.

“Dalam penetapan APBD 2024 yang akan datang mudah-mudahan ada anggaran untuk dialokasikan di SMPK Ndao, karena untuk SMA itu ditangani oleh propinsi,” tuturnya.

Perayaan HUT dilanjutkan dengan pemberian sumbangan oleh ketua Ilunda Propinsi NTT, dr. Dominikus Mere. Ilunda Propinsi NTT memberikan sumbangan sebesar Rp 94 juta sebagai bentuk kontribusi para alumnus terhadap peningkatan mutu pendidikan di Frateran Ndao.

Puncak acara perayaan HUT Frateran Ndao, Ende, akan dilanjutkan kembali pada pukul 16.00 Wita. Penuturan ketua panitia HUT, Megi Sigasare, malam nanti semarak perayaan HUT akan semakin meriah oleh penampilan siswa-siswi dan ditutup dengan temu alumni dan pemberian sumbangan.  (ARA/EN)