Ende  

Pembangunan Terminal Bandara Ende Memasuki Tahap Akhir

Avatar photo
Kepala Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Ende, Indra Priyantono (7/12/22)
Kepala Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Ende, Indra Priyantono (7/12/22)

Pembangunan terminal Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Kota Ende, memasuki tahap akhir atau finishing. Penuturan Kepala Bandara, Indra Priyantono (7/12/22), progress pembangunan terminal bandara telah mencapai 94 persen.

“Progress pembangunan terminal Bandara Ende sekarang sudah mencapai 94 persen,” ucapnya (7/12).

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kemajuan tersebut sejauh ini masih sesuai dengan target yang dicanangkan sejak awal pembangunan terminal. Tutur Priyantono, tahap finishing yang saat masih dikerjakan merupakan bagian-bagian kecil dari terminal sedang bagian inti terminal telah dikerjakan.

“Bagian-bagian inti sudah selesai semua, tinggal bagian-bagian kecil seperti urinoir, pasang wastafel, pembersihan-pembersihan”.

Ruang-ruang inti terminal seperti Ruang Tunggu dan Kedatangan telah dikerjakan begitu pula dengan tempat yang akan digunakan sebagai food court dan cafe. Tempat yang disedikan itu nantinya akan ditata oleh pengusaha yang dipercayakan sebagai pengelola.

“Kalau café di sini kan cuma menyiapkan tempat nanti desain cafenya adalah orang yang mengisi,” sambungnya. Dua tempat itu disediakan bagi jenis makanan modern dan jajanan tradisional seperti Kopi.

Sementara untuk fasilitas eskalator sudah mulai dikerjakan dan ditargetkan rampung dalam waktu satu minggu.

Pembangunan terminal bandara ditargetkan selesai pada bulan Desember tahun ini namun apabila terjadi pergeseran maka seluruh pekerjaan akan selesai pada bulan Januari tahun depan. Pergeseran dapat terjadi karena beberapa pekerjaan kecil dan periode pemeliharaan yang membutuhkan waktu.

“Desember selesai, kalau toh geser ke Januari perkiraan saya karena ada maintenance periode,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menggelontorkan anggaran 85,5 miliar untuk pembangunan terminal penumpang Bandar Udara Haji Hasan Aroebusman Ende. Dana tersebut bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022.

Terkait perencanaan, bangunan tersebut didesain dua lantai dengan luas total 4.320 meter persegi di mana ada lantai satu cek in dan terminal kedatangan; sedangkan lantai dua ruang tunggu dan food court yang dilengkapi fasilitas penunjang seperti eskalator dan lift. (ARA/EN)