Pemda Ende Terima Plakat dan Piagam Atas Raihan WTP

  • Bagikan
Kakanwil Ditjen Perbendaharaan NTT, Catur Ariyanto Widodo menyerahkan Plakat dan Piagam penghargaan kepada Bupati Ende, Djafar Achmad (26/10/21)

Pemerintah Kabupaten Ende menerima plakat dan Piagam dari Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan NTT Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Plakat dan Piagam diserahkan oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan NTT, Catur Ariyanto Widodo dan diterima langsung oleh Bupati Ende, Djafar Achmad. Serah terima berlangsung di Kantor Bupati Ende, Selasa, (26/10/2021).

Plakat dan Piagam yang diberikan merupakan apresiasi atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Pemda Ende dari Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK beberapa waktu lalu. Pencapaian opini WTP diterima Pemda Ende atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2020.

Bupati Ende, Djafar Achmad, dalam sambutannya mengatakan, pencapaian opini WTP membutuhkan proses panjang, kerja keras, serta profesionalitas seluruh Organisasi Perangkat Daerah.

“Pencapaian WTP ini menjadi bukti nyata adanya komitmen yang kuat dari seluruh pimpinan OPD dan masyarakat, menjadikan sistem birokrasi di wilayah Kabupaten Ende semakin baik dari waktu sebelumnya,” lanjut Bupati Ende.

Bupati Djafar menekankan, prestasi WTP bukanlah tujuan akhir, melainkan langkah awal dari kerja panjang yang membutuhkan komitmen seluruh pimpinan OPD dalam peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

Di tempat yang sama, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan NTT, Catur Ariyanto Widodo, memberikan apresiasi kepada Pemrintah Kabupaten Ende atas raihan opini WTP. Dirinya berharap pencapaian tersebut dapat dipertahankan oleh Pemkab Ende diwaktu selanjutnya.

Catur menambahkan, Menteri Keuangan telah menghimbau seluruh Kementerian Negara, Lembaga, dan Pemerintah Daerah, agar secara serius mencermati temuan BPK dan memperbaikinya berdasarkan rekomendasi yang diberikan.

“Sinergi dan komunikasi dari auditor dan auditee merupakan salah satu bentuk tata kelola yang baik untuk membangun Indonesia menjadi negara maju, kuat dan bermartabat,” sambungnya.

Untuk diketahui, pencapaian opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan merupakan target penting yang diraih Pemda Ende dalam tahun ini. Opini WTP  telah ditagetkan oleh Bupati Ende sejak tanggal 4 Januari 2021. (HUM/EN)

  • Bagikan