Ende  
Topik : 

Sabri Indradewa Pimpin Pansus LKPJ

Avatar photo
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ende
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ende

Anggota DPRD Kabupaten Ende Sabri Indradewa terpilih sebagai ketua Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2021. Sabri Indradewa terpilih dalam rapat yang dipimpin oleh ketua DPRD Fransiskus Taso pada Senin, (28/3/22).

Dalam rapat tersebut DPRD Kabupaten Ende juga menetapkan komposisi keanggotan Pansus tahun ini yang terdiri dari 1O anggota plus 1 sekretaris bukan anggota.

Sabri Indradewa dipercayakan sebagai ketua Pansus didampingi Maria Margaretha Sigasare sebagai wakil ketua. Lalu, diposisi anggota terdiri atas Yohanes Don Bosco Rega,Yulius Cesar Nonga, Stefanus Bidi, Moses Paso Pande, Yohanes Marianus Kota, Chairul Anwar, dan Hasbulah Mberu.

Selain itu terdapat satu orang sekretraris bukan anggota yakni Valentinus Setiawan yang merupakan Sekwan DPRD Ende.

Sabri Indradewa yang diwawancara media ini usai rapat mengatakan, Pansus LKPJ akan memusatkan perhatian program-program pemerintah yang telah dilaksanakan pada tahun lalu. Lanjutnya, masa kerja Pansus LKPJ kali ini juga lebih lama ketimbang Pansus LKPJ tahun sebelumnya sebab mengacu pada regulasi terbaru.

“Kalau regulasi yang lama itu masa kerjanya cuma satu bulan, lewat dari itu dianggap memberikan rekomendasi. Nah, kalau aturan yang baru ini, PP/13/2019, ruang diberikan untuk Pansus sampai dengan Pansus memberikan rekomendasi,” kata Sabri Indradewa (28/3).

“Bisa satu bulan, bisa dua bulan, sampai dengan rekomendasi diberikan Pansus, artinya bahwa dari sisi waktu kita lebih lama untuk menyikapi berbagai persoalan,” lanjutnya.

Pansus LKPJ tahun ini, kata Sabri, akan memusatkan perhatian pada beberapa hal yang dianggap sentral seperti sejauh mana rekomendasi Pansus tahun lalu telah dijalankan oleh pemerintah. Selain itu masalah akurasi data pemerintah dan tingkat pelayanan kepada masyarakat juga menjadi perhatian Pansus.

“Yang pertama, rekomendasi Pansus LKPJ tahun lalu, itu menjadi salah satu pegangan untuk kita, sudah sejauh mana mereka meng-follow up kegiatan yang direkomendasi tahun lalu,” tuturnya.

Perhatian lain Pansus adalah penggunaan dana Covid khususnya jaring pengaman sosial yang direalisasikan oleh pemerintah pada tahun lalu. Pansus LKPJ akan menelusuri penggunaannya beserta skala prioritas yang telah kerjakan pemerintah.

“Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi, ini semua kan demi kebaikan kita,” tutupnya. (ARA/EN)