Ende  

Satker PJN IV NTT Sosialisasi Pekerjaan Jalan Aegela-Batas Kota Ende

Avatar photo
PPK 4.1 PJN IV NTT, Frumensia Sylvia, membawakan materi dalam sosialisasi pengerjaan preservasi jalan Aegela-Batas Kota Ende (Kamis, 14/09/23)
PPK 4.1 PJN IV NTT, Frumensia Sylvia, membawakan materi dalam sosialisasi pengerjaan preservasi jalan Aegela-Batas Kota Ende (Kamis, 14/09/23)

Satuan kerja (Satker) Pelaksana Jalan dan Jembatan (PJN) Wilayah IV Nusa Tenggara Timur menggelar sosialisasi pelaksaan pekerjaan preservasi ruas jalan Aegela-Batas Kota, Kamis (14/09/23). Pelaksaan sosialisasi berlangsung di aula Kantor Bupati Ende dihadiri para pihak terkait.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Bupati Ende Djafar Achmad, Kasatker PJN IV NTT Eben Heaser Adam, PPK 4.1 PNJ IV Frumensia Sylvia, para camat, kepala desa serta tokoh masyarakat. Sosialisasi digelar guna menyamakan persepesi mendukung pelaksaan pekerjaan preservasi ruas jalan Aegela-Batas Kota Ende.

Kasatker PJN IV NTT Eben Haeser Adam menandaskan, pekerjaan bernilai ratusan miliar tersebut merupakan proyek Kementrian PUPR yang ditugaskan kepada Balai PJN NTT kepada pihaknya. Proses persiapan, kata dia, telah selesai dilakukan mulai dari perencanaan, proses tender, hingga penanda-tangan kontrak pada bulan Agustus lalu.

Dirinya bersyukur atas kelancaraan proses tersebut dan mengharapkan dukungan seluruh pihak dalam pelaksaan pekerjaan.

“Kami mohon bantuan dan partisipasi dari masyarakat di sepanjang ruas jalan ini supaya mendukung pengerjaan preservasi jalan Aegela-Batas Kota Ende,” kata Kasatker Eben Heaser (14/09).

Bupati Ende Djafar Achmad menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas pengerjaan preservasi jalan tersebut oleh Satker PJN IV NTT. Pengerjaan preservasi jalan Aegela-Batas Kota Ende, sambungnya, akan sangat berguna bagi masyarakat karena mempermudah arus perdagangan dan pengembangan pariwisata di Kota Ende.

Hal tersebut sejalan dengan upaya pemerintah daerah menjadikan Ende sebagai kota perdagangan dan pariwisata, sebutnya.

“Kita ingin menjadikan kota ini sebagai kota perdagangan dan kota pariwisata di Pulau Flores,” kata Bupati Djafar Achmad.

Karena itu dirinya berharap kepada para tokoh masyarakat mendukung pengerjaan preservasi jalan tersebut dan membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat. Dukungan masyarakat amat diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan mempermudah pelaksanaan di lapangan.

Di tempat sama, PPK 4.1 PJN IV NTT, Frumensia Sylvia, menjelaskan, pekerjaan preservasi jalan Aegela-Batas Kota Ende menelan anggaran sebesar Rp 161 miliar. Tender pekerjaan tersebut dimenangkan oleh PT Panji Bangun Persada KSO Novita Karya Taga dan diawasi oleh PT Maha Charisma Adiguna dengan nilai kontrak Rp 133 miliar.

Lanjut Frumensia, pekerjaan preservasi jalan Aegela-Batas Kota Ende akan dikerjakan dengan system multiyears yang ditargetkan berakhir pada bulan Desember tahun 2024. (ARA/EN)