Ende  

Siapa Orba Kamu Imma, Ketua Panmil Wakil Bupati Ende

Avatar photo
Mohammad Orba Kamu Imma saat rapat pembentukan Panitia Pemilihan (Panmil) Wakil Bupati Ende (24/02/21)
Mohammad Orba Kamu Imma saat rapat pembentukan Panitia Pemilihan (Panmil) Wakil Bupati Ende (24/02/21)

Panitia Pemilihan (Panmil) Wakil Bupati Ende telah dibentuk oleh DPRD Ende. Dalam proses itu Mohammad Orba Kamu Imma dipercayakan anggota dewan sebagai ketua Panmil.

Terpilihnya Orba Kamu Imma cukup mengejutkan. Nama ini sebelumnya tidak pernah diprediksi mendapat kepercayaan itu. Apalagi, dalam situasi pertarungan politik dimana Golkar dan Nasdem sudah pasang kuda-kuda memenangkan calon.

Lantas siapa Orba Kamu Imma, sosok yang dikenal kalem itu.

Dalam penelusuran Ende News mengenai data anggota dewan, dia merupakan anggota DPRD Ende dari partai Gerindra. Pria bernama lengkap Mohammad Orba Kamu Imma ini lahir di Ende pada 3 November 1966.

Orba Kamu Imma menyelesaikan bangku Sekolah Dasar di SDN Ende V, selanjutnya di SMP Negeri I Ende, lalu melanjutkan pendidikan di SMA Negeri I Ende.

Setelah itu Orba meninggalkan Kabupaten Ende menuju Malang. Tujuannya melanjutkan studi. Orba kuliah di Universitas Merdeka Malang dan mengambil jurusan teknik.

Orba Kamu Imma yang ditemui dikediamannya pada Sabtu, 25/09/21, membenarkan karirnya tersebut. Cerita Orba, setelah selesai kuliah dia tak lantas pulang kampung melainkan sempat bekerja di Malang dan Surabaya.

“Selesai kuliah, kerja di Malang dulu kemudian Surabaya. Di Surabaya tidak lama, hanya sekitar 3 tahun,” ungkapnya.

Pada tahun 2000 dia pulang ke Ende dan mulai merintis karir sebagai konsultan.

Beberapa tahun berselang Orba memutuskan masuk dunia politik. Dia bergabung dengan Partai dan lolos menjadi anggota dewan pada Pileg 2004-2009. Itu adalah Pileg pertama bagi Orba.

Periode pertama sebagai wakil rakyat dia dipercayakan di Komisi B DPRD Ende, mengurusi keuangan dan pembangunan. Selain itu Orba juga ditempatkan di Badan Anggaran (Banggar). Kedua posisi itu dipercayakan lagi kepadanya pada periode 2014-2019.

Sekarang, saat dipercayakan untuk periode 2019-2024, Orba pindah ke Komisi I membidangi hukum dan pemerintahan. Namun, posisinya di Banggar tidak tergantikan. Memang, Orba Imma dikenal sebagai salah satu anggota dewan yang amat menguasai penganggaran.

Mengenai kepercayaan dari rekan-rekanya di dewan memimpin Panmil, Orba mengaku sudah menduga kalau namanya akan menjadi salah satu yang dipertimbangkan. Dugaan itu lantaran posisinya sebagai ketua Komisi I.

“Karena di Tatib (Tata Tertib) kita itu, selalu, kalau ada pembentukan panitia seperti Pansus, Panmil, biasanya selalu mempertimbangkan komisi terkait. Nah, kebetulan dalam hal pemilihan Wakil Bupati ini di bidang pemerintahan, Tupoksi dari Komisi I.”

Atas kepercayaan itu Orba Kamu Imma menjanjikan proses pemilihan akan berlangsung transparan, adil, dan akuntabel. (ARA/EN)