Tahun Ini, Para Guru di Ende Akan Terbitkan Buku

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Ende, Mathildis Mensi Tiwe (17/03/21)

Karya tulis para guru di Kabupaten Ende akan diterbitkan dalam sebuah buku. Ini merupakan program lanjutan setelah sebelumnya, pada tahun lalu, pemerintah daerah menerbitkan buku karya para murid.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Ende, Mathildis Mensi Tiwe, program guru menulis telah dijadwalkan dalam agenda kerja dinasnya tahun ini.

“Tahun ini kami memiliki program dimana para guru membuat karya tulis. Karya-karya mereka akan kami terbitkan dalam sebuah buku,” kata Mensi Tiwe (17/03/21).

Papar Mensi Tiwe, program tersebut didahului dengan melakukan bimbingan menulis kepada para guru. Proses itu akan bekerja sama dengan pihak ketiga yang berkompeten dalam bidang penulisan.

Bimbingan menulis kepada para guru rencananya dilakukan pada April tahun ini. Bimbingan akan berlangsung selama beberapa hari. Setelah itu, mereka diarahkan menghasilkan karya tulis ilmiah.

Karya para guru kemudian diterbitkan dalam sebuah buku pada tahun ini. Target dinas P dan K Kabupaten Ende, buku karya para guru, rencananya dilaunching pada awal tahun depan.

Papar Mensi Tiwe, guru menulis merupakan program lanjutan setelah Dinas P dan K menerbitkan buku karya para murid pada tahun lalu.

Buku karya tulis para murid telah diterbitkan dengan judul, “Sahabat Kecil Soekarno”. Buku tersebut berisi kumpulan puisi dari murid Sekolah Dasar.

Kata Mensi Tiwe, program menulis ilmiah merupakan upaya Dinas P dan K menjadikan Ende sebagai kabupaten literasi.

“Program ini merupakan langkah Dinas P dan K menjadikan daerah ini (Ende) sebagai kabupaten literasi”.

Selain itu, penerbitan karya tulis merupakan bentuk apresiasi pihaknya terhadap semangat ilmiah di lembaga pendidikan di Kabupaten Ende. (ARA/EN)

  • Bagikan