Ende  

Uskup Agung Ende Tahbis Dua Imam Baru

Avatar photo
Prosesi Misa Pentahbisan Diakon Victorianus Ghea Naga dan Gabriel Posenti Wara menjadi Imam, oleh Uskup Agung Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota (15/1/21)
Prosesi Misa Pentahbisan Diakon Victorianus Ghea Naga dan Gabriel Posenti Wara menjadi Imam, oleh Uskup Agung Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota (15/1/21)

Uskup Agung Ende, Mgr Vincentius Sensi Potokota, memimpin Misa Pentahbisan dua orang Imam baru di Keuskupan Agung Ende. Misa Pentahbisan berlangsung di Gereja Katedral Kristus Raja, Kota Ende (15/1/21).

Dua orang Diakon yang ditahbiskan menjadi Imam adalah Diakon Victorianus Ghea Naga dan Diakon Gabriel Posenti Wara.

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

Turut hadir dalam Misa Pentahbisan, Bupati Ende Djafar Achmad, Forkompinda Kabupaten Ende, dan keluarga para yubilaris.

Prosesi Misa Pentahbisan berlangsung hikmat dan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

Uskup Agung Ende, Mgr Sensi Potokota dalam sambutan usai Misa, mengucapkan selamat kepada kedua Imam baru.  Uskup menekankan pentahbisan keduanya merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang selalu menganugerahkan apa yang Gereja butuhkan, dunia butuhkan, manusia butuhkan, yaitu orang-orang yang rela, siap, untuk memberi diri dalam pelayanan pengabdian tanpa pamrih,” ucap Mgr Vincentius Sensi Potokota (15/1/21).

“ini anugerah besar dari Tuhan untuk kita sekalian,” lanjutnya.

Secara khusus Uskup Agung Ende, atas nama Gereja, juga mengucapkan terimasikasih kepada keluarga para yubilaris. Sentuhan dan pendidikan di dalam keluarga, yang disebutnya sebagai Seminari pertama, telah amat berperan dalam panggilan kedua Imam baru.

“Atas nama gereja, saya ingin berterimakasih secara khusus kepada keluarga Itos dan Gebi (sapaan Victorianus Ghea Naga dan Gabriel Posenti Wara), yang telah menjadi Seminari paling awal. Memberi sentuhan-sentuhan yang amat sangat berpengaruh pada seluruh perjalanan panggilan dari kedua putra”.

Untuk diketahui, proses pentahbisan hari ini merupakan bagian dari Barisan Parade Tahbisan Imam Tahun 2020-2021.

Pastor Paroki Katedral Ende, RD. Ambros Nanga selaku ketua panitia mengatakan, pentabisan di Ende merupakan yang ketiga dalam Barisan Parade. Sebelumnya, pentahbisan juga dilaksanakan di Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

“Barisan pertama terjadi di Mataloko (Kabupaten Ngada) 11 Januari 2021, Barisan kedua di Danga (Kabupaten Nagekeo) 13 Januari 2021, dan Barisan ketiga di Katedral Ende, 15 Januari 2021,” jelasnya.