4 Kasus Positif Corona  di Ende, 3 Berasal Dari Satu Rumah

  • Bagikan
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, dokter Muna Fatma

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende mengonfirmasi tambahan 3 kasus baru yang dinyatakan positif covid-19. Tambahan kasus tersebut menjadikan total ada 4 kasus positif covid-19 di Kabupaten Ende.

Juru bicara  Tim Gugus Tugas, dokter Muna Fatma, ditemui awak media (18/5/20) menyampaikan, keseluruhan kasus positif merupakan pengembangan dari klaster Gowa.

“3 kasus tambahan merupakan pengembangan klaster Gowa,” kata dokter Muna.

Ini merupakan hasil dari 16 sampel yang dikirim pada 10 Mei 2020. Untuk diketahui, 16 sampel dimaksud terdiri dari, 5 sampel klaster Magetan, 4 sampel dari Mahardhika, dan 7 sampel dari pengembangan klaster Gowa.

Namun, apakah 16 sampel telah diuji swab seluruhnya, dokter Muna tidak dapat memastikan.

“Apakah 16 sampel yang kita kirim itu sudah uji swab seluruhnya, kita belum tahu. Kita belum mendapatkan surat resmi dari Gugus Tugas Provinsi.” Tambahnya, yang dapat dipastikan sekarang ini adalah 3 hasil positif berasal dari 16 sampel tersebut.

Pengembangan Klaster Gowa

Total 4 kasus positif seluruhnya merupakan pengembangan klaster Gowa yang ada di Kabupaten Ende.

Dokter Muna menceritakan, awalnya terdapat 33 orang klaster Gowa yang menjalani rapid test. Dari 33 orang didapati 5 orang dinyatakan reaktif.

Kemudian, 5 orang yang dinyatakan reaktif ditelusuri anggota keluarganya. Sebab, diyakini pernah melakukan kontak erat.

“Artinya ada 5 keluarga yang kita lakukan rapid test.” Lanjut dokter Muna, dari 5 keluarga yang menjalani rapid test, ditemukan ada 3 keluarga yang beberapa anggota keluarganya dinyatakan reaktif.

Terhadap sampel rapid test yang reaktif, beberapa diantaranya telah dikrim untuk uji swab di Kupang. Dari uji swab ditemukan 1 orang dinyatakan positif terinveksi virus covid-19. Kemudian disebut Pasien 01.

Menariknya, dari 3 keluarga dimaksud, terdapat 1 keluarga yang hampir seluruh anggota keluarga dinyatakan reaktif.

“Kita temukan ada 1 keluarga yang hampir satu rumah itu reaktif. Jadi, di rumah itu ada 5 orang. 1 orang telah dinyatakan reaktif, lalu 3 dari 4 sampel sisanya dinyatakan reaktif.”

ke 3 sampel reaktif itu, termasuk dalam 16 sampel yang dikirim untuk uji swab pada 10 Mei 2020. Hasilnya diketahui hari ini, ke 3 sampel dinyatakan positif terinveksi virus covid-19.

“Nah, artinya yang hari ini positif (3 orang) itu, berasal dari satu rumah,” tutup dokter Muna. (ARA/EN)

  • Bagikan