Ende  

Besok, Hercules Akan Mendarat di Ende Bawa 7 Ton Logistik

Avatar photo
Kepala Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Auriyadin Saleh (3/8/20)
Kepala Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende, Auriyadin Saleh (3/8/20)

Besok, Selasa 4 Agustus 2020, pesawat jenis Hercules akan melakukan uji coba pendaratan di Bandara Hasan Aroeboesman, Kota Ende. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bandara Ende, Auriyadin Saleh (3/8/20).

Uji coba pendaratan pesawat Hercules, menurut Auriyadin, dilakukan oleh tim dari Pangkalan Udara TNI AU (Lanud) Eltari Kupang. Uji coba tersebut dalam rangka persiapan event Pelangi Nusantara, yang akan digelar di Kabupaten Ende.

BACA JUGA : Dandim Ende, Fuad Suparlin Dipindahkan ke Kostrad

Dalam misi uji coba esok hari, pesawat Hercules direncanakan akan membawa logistik seberat 7 ton. Logistik yang akan diterbangkan, sebagian besar merupakan bantuan kepada masyarakat saat event Pelangi Nusantara digelar, kata Auriyadin.

Hari ini, lanjut Auriyadin, pihak Bandara Ende telah dikunjungi oleh tim survei dari Lanud Eltari Kupang. Tim survei diutus guna melihat kesiapan Bandara Ende jelang pendaratan Hercules.

BACA JUGA : Paus Emeritus Benediktus XVI Dikabarkan Sakit Keras

Ditanyakan mengenai hasil survei, Auriyadin Saleh menjelaskan, pihaknya telah memaparkan dan melihat langsung lokasi yang akan didarati.

“Tadi yang disurvei ada beberapa, termasuk untuk parkirnya pesawat. Nanti dia parkir terus keluar menghadap ke barat,” jelas Auriyadin. Dari peninjauan tersebut, Lanud Eltari Kupang menyatakan Bandara Ende siap didarati.

“Semuanya siap. Karena panjang landasan kita, 1.650 x 30 meter, sedangkan yang dibutuhkan untuk landing hanya 1.400.”

BACA JUGA : Dirut Muhamad Badrun Jelaskan Langkah PT ADS Pasca Putusan OJK

Dirinya juga memastikan, uji coba pendaratan pada esok hari tidak akan mengganggu jadwal penerbangan umum.

Dalam rencananya sementara, pesawat Hercules milik TNI AU dijadwalkan mendarat di Ende pada siang hari. (ARA/EN)