Cuma di Detukeli, Hari Pahlawan Jadi Pesta Rakyat

Avatar photo
Warga Kecamatan Detukeli menari lepas usai upacara dan makan bersama pada puncak peringatan Hari Pahlawan (10/11/23)
Warga Kecamatan Detukeli menari lepas usai upacara dan makan bersama pada puncak peringatan Hari Pahlawan (10/11/23)

Kecamatan Detukeli, tepatnya di Desa Watunggere Marilonga, peringatan Hari Pahlawan nampak istimewa dan amat berkesan. Di desa itu, tiap tahun, Hari Pahlawan menjadi pesta rakyat bagi warga kecamatan.

Kecamatan Detukeli menjadi satu-satunya wilayah di Kabupaten Ende yang menggelar peringatan Hari Pahlawan layaknya pesta rakyat.  Amat berbeda dengan wilayah-wilayah lain yang mengisi peringatan Hari Pahlawan dengan rutinitas upacara resmi.

BACA JUGA

Peringatan Hari Pahlawan di Watunggere, Detukeli, diadakan layaknya pesta rakyat. Aneka acara bernuansa reflektif dan hiburan digelar selama dua hari.

Kata Bupati Ende Djafar Achmad (10/11/23), rangkaian acara selama dua hari pada tahun ini akan menjadi agenda tetap Pemkab Ende. Tujuannya agar Marilonga, pejuang asal Watunggere, Detukeli, dikukuhkan sebagai pahlawan nasional.

Selain itu, rangkaian acara yang beraneka ragam akan menarik simpatik wisatawan sehingga menambah destinasi wisata sejarah di Kabupaten Ende.

“Kedepan harus lebih banyak peserta yang dilibatkan dengan kemasan acara yang lebih professional agar menjadi salah satu agenda kunjungan wisatawan,” tutur Bupati Djafar (10/11).

BACA JUGA

Peringatan Hari Pahlawan di Detukeli diadakan layaknya pesta rakyat. Aneka acara bernuansa reflektif dan hiburan digelar selama dua hari.

Pada hari pertama, para undangan disuguhi pegelaran festival yang diberi nama Festival Marilonga. Festival dibuka pada malam hari dan berlangsung hingga tengah malam.

Kamu akan menikmati berbagai acara menarik seperti tari-tarian, dance, puisi dan masih banyak lagi.

Tapi ingat, setelah itu Kamu jangan baring dulu. Masih ada acara lagi. Setelah festival, acara dilanjutkan dengan malam renungan bertempat di makam pejuang asal Kabupaten Ende, Marilonga. Letaknya sekitar 50 meter dari lokasi festival.

Jalannya renungan akan mengubah malam Kamu jadi syahdu. Bupati Ende, forkompimda, bersama para tokoh masyarakat setempat melaksanakan renungan secara khikmat. Keheningan akan mengitari jalannya renungan.

BACA JUGA

Esoknya, tanggal 10 November, peringatan Hari Pahlawan dilanjutkan dengan upacara resmi. Bupati Ende akan memimpin upacara yang diikuti seluruh jajaran forkompinda beserta masyarakat ini.

Terik memang, apalagi dipertengahan upacara, namun tenang saja karena antusiasme warga setempat akan menyemangati Kamu.

Nah, setelah itu,  ada makan bersama. Kerennya lagi, seluruh makanan yang berada di tenda-tenda disediakan oleh 13 desa di Kecamatan Detukeli.

Di sini Kamu bebas memilih makan sesuai selera. Silahkan saja karena memang disediakan untuk umum.

Rangkaian acara setelah itu akan semakin meriah. Masyarakat akan menari-nari mengikuti lantunan lagu dibawakan para penyanyi. Keceriaan, gelak tawa dan tari-tarian masyarakat menutup rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan di Detukeli. (ARA/EN)