Ende  

Ini Alasan Erik Rede Ngebet Ingin Gaet Awaludin di Pilkada

Avatar photo
ERIK REDE AWALUDIN SUTORO

Bakal calon bupati Ende, Erikos Emanuel Rede baru-baru ini membuat heboh jagat politik di Ende. Selain menyatakan maju sebagai kandidat, dirinya juga memberikan sinyalemen akan menggaet ketua partai PSI Ende, Awaludin Sutoro sebagai calon wakil bupati.

Erik Rede yang diwawancarai media ini (04/04/24), tak menampik rumor tersebut. Dirinya menyebut Awaludin merupakan sosok tepat untuk mendampinginya maju sebagai calon bupati dan wakil bupati Ende.

“Kalau dengan Awaludin saya kira sangat tepat dan baik,” kata Erik Rede (04/04/24).

Bukan tanpa alasan sosok Awaludin digaet oleh Erik Rede dan Nasdem Ende. Menurut Erik Rede, Awaludin memiliki keistimewaan yang membuat dirinya tepat jika keduanya dipasangkan.

  • TONTON YOUTUBE KAMI

Alasan pertama, tuturnya, karena Awaludin merupakan keterwakilan anak muda yang berprestasi di perpolitikan kabupaten Ende.

Sebagai salah satu pemimpin partai, sosok Awaludin telah menunjukan berbagai prestasi di dunia politik sejak memimpin PSI Ende.

“Beliau (Awaludin Sutoro) salah satu pemimpin partai politik di Ende yang sukses,” ucap Erik Rede.

“Pemilu pertama PSI di Ende dia mampu menyumbang 3 kursi, satu fraksi penuh. Pemilu 2024 secara mengejutkan dia mampu mengantarkan PSI sebagai partai pemenang Pemilu dengan 19 ribu suara,” ucapnya lagi.

Kemudian, sebagai representasi anak muda di kancah politik, sosok Awaludin dinilai mempunyai magnet atau daya tarik tersendiri di kalangan anak muda dan milenial.

BACA JUGA

Namun, alasan yang paling penting, kata Erik, Awaludin merupakan kader partai pemenang Pilpres yang tentu saja akan memiliki jaringan kekuasan di tingkat pusat. Apalagi ketua umum PSI merupakan putra dari Presiden Joko Widodo.

Tak dapat dipungkiri, sambungnya, berbagai pembangunan daerah-daerah di NTT mengandalkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat. Sebab, mayoritas kabupaten di NTT belum dapat mengandalkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD karena terlalu kecil.

Di kabupaten Ende misalnya pemasukan dari PAD tak mencapai Rp 100 miliar kendati ditargetkan dari tahun ke tahun. Angka tersebut tentu saja tak mampu membiayai pembangunan daerah sehingga dibutuhkan alokasi dana pemerintah pusat.

“Dengan pertimbangan itu maka ketergantungan kita terhadap APBN, terhadap dana dari pusat, itu sangat tinggi,” lanjut Erik Rede. “Sehingga kita butuh jaringan-jaringan yang memiliki hubungan dengan kekuasaan”

Karena itulah sosok Awaludin dinilai tepat untuk digaet sebagai calon wakil bupati Ende mendampingi dirinya.

Kata Erik, komunikasi diantara kedua partai, Nasdem Ende dan PSI Ende, intens dilakukan saat ini. Komunikasi di tingkat DPC Ende disambut baik oleh kedua belah pihak dimana kedua partai bersepakat maju bersama di Pilkada tahun ini.

Mengenai komunikasi partai ke tingkat pusat, hal tersebut tengah dilakukan oleh kedua DPC partai baik Nasdem Ende maupun PSI Ende.

“Hasil komunikasi kami untuk kesekian kalinya, kami bersepakat untuk maju bersama,” tutur Erik Rede.

“Untuk urusan ke hirarki partai yang lebih tinggi itu urusan masing-masing, PSI urusannya Awaludin lalu urusan Nasdem urusan saya,” ungkapnya. (ARA/EN)