Jelang Peresmian, Pedagang Mulai Tempati Plaza Kuliner Pantai Kota Raja

Avatar photo
Para pengunjung menikmati jualan para pedagang di plaza kuliner Pantai Kota Raja (23/5/22)
Para pengunjung menikmati jualan para pedagang di plaza kuliner Pantai Kota Raja (23/5/22)

Para pedagang mulai menempati plaza kuliner di spot wisata Pantai Kota Raja, Kota Ende (23/5/22). Lapak-lapak yang disediakan untuk berjualan telah diisi oleh para pedagang yang menawarkan berbagai jenis jajanan.

Plaza kuliner mulai digunakan menjelang peresmian spot wisata Pantai Kota Raja oleh Bupati Ende Djafar Achmad. Rencananya, spot wisata unggulan Kota Ende tersebut akan diresmikan pada esok hari, Selasa, 24 Mei 2022.

Aktivitas para pedagang mengisi lopo yang tersedia di Pantai Kota Raja terlihat sejak pagi hingga sore hari. Para pedagang terlihat sibuk membersihkan lopo masing-masing serta merias lopo dengan beragam aksesoris.

Untuk perlengkapan inti seperti meja dan kursi, para pedagang nampaknya tak perlu repot-repot sebab telah disediakan oleh pemerintah. Dinas Pariwisata menyediakan meja dan kursi yang ditempatkan di lopo plaza kuliner. Meja dan kursi juga diletakan pada sisi luar lopo persis di pagar kawasan yang menghadap ke bibir pantai.

Menjelang sore hari beberapa pedagang telah selesai menata lopo tempat mereka berjualan. Beberapa lopo plaza kuliner bahkan sudah mulai melayani permintaan pengunjung.

Kata salah seorang pengunjung, Siska, keberadaan para pedagang menambah daya tarik Pantai Kota Raja. Selama ini, kata dia, pengunjung kesulitan menemukan jajanan sehingga harus membeli di tempat lain sebelum mengunjungi spot tersebut. Adanya jajanan akan membuat betah pengunjung menikmati keindahan Pantai Kota Raja.

“Bagus, tambah ramai, jualan juga sudah ada. Kemarin-kemarin kalau mau ke sini, beli memang (jajanan) diluar baru ke sini. Kalau begini jadi betah. Pasti tambah ramai nanti,” ucapnya.

Plaza kuliner yang berada di spot wisata Pantai Kota Raja terdiri atas 6 buah lopo dengan posisi bangunan berderetan. Satu buah lopo di plaza kuliner digunakan oleh dua orang pedagang, sehingga secara keseluruhan terdapat 12 orang pedagang yang menempati 6 lopo di plaza kuliner.

Para pedagang ini mengikat kontrak kerjasama dengan pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Ende sebagai pengelola Pantai Kota Raja. Sebelum menempati lopo di plaza kuliner para pedagang telah melakukan pertemuan dengan Dinas Pariwisata membahas hal-hal penggunaan plaza kuliner.

Beberapa hal yang dibahas menyangkut penggunaan lopo, perawatan hingga besaran iuran yang disetorkan kepada dinas terkait. Mengenai iuran, kata salah satu pedagang yang enggan disebutkan namanya, disetorkan setiap bulan kepada pemerintah.

Plaza Kuliner sendiri dibangun pada tahun 2021 sebagai bagian dari program Pemkab Ende menata kawasan Pantai Kota Raja. Penataan Pantai Kota Raja rampung pada awal tahun ini dan telah dilakukan serah terima kepada pemerintah pada bulan Februari 2022. (ARA/EN)