Ende  

Omset Rp 100 Ribu Per Hari, Intip Jasa Pemotretan di Pantai Kota Raja, Ende

Avatar photo
Macho, salah satu fotografer sedang melayani pemotretan bagi pengunjung Pantai Kota Raja (05/04/22)
Macho, salah satu fotografer sedang melayani pemotretan bagi pengunjung Pantai Kota Raja (05/04/22)

Obyek wisata Pantai Kota Raja, Kota Ende, mulai dilirik kaula muda yang berprofesi sebagai fotografer menambah penghasilan. Para fotografer lokal ini menjajakan jasa mereka kepada pengunjung untuk setiap jepretan yang mereka hasilkan. Omsetnya terbilang lumayan, rata-rata mereka mampu mendapatkan cuan Rp 100 ribu per hari.

Seperti diketahui, obyek wisata Pantai Kota Raja mengalami peningkatan angka kunjungan mulai awal tahun ini setelah program penataan kawasan tersebut selesai dikerjakan oleh pihak ketiga. Diberitakan sebelumnya, program penataan obyek wisata Pantai Kota Raja telah rampung dan dilakukan serah terima kepada Pemerintah Daerah pada bulan Februari tahun ini.

Kenaikan angka kunjungan di Pantai Kota Raja dilihat oleh para fotografer lokal sebagai potensi mendatangkan cuan atau duit. Dari jasa pemotretan, mereka mampu mendapatkan penghasilan rata-rata Rp 100 ribu per hari. Pendapatan mereka meningkat dua kali lipat pada akhir pekan dimana angka kunjungan sering membludak, mereka mampu meraup penghasilan mencapai Rp 200 ribu per hari.

Aldi, salah fotografer menjelaskan, mereka mulai bekerja pada pukul 15.00 Wita setiap harinya. Kata Aldi, mereka tidak bekerja pada pagi dan siang hari karena angka kunjungan biasanya sepi sebelum sore hari. Pengunjung baru ramai mulai sore sebab umumnya mereka ingin menikmati sunset atau matahari terbenam.

“Kami biasanya mulai jam 15.00 sore. Sebelum jam itu di sini sepi,” kata Aldi (05/04/22). Aldi dan para fotografer lain biasanya bekerja hingga pukul 20.00 Wita.

Di Panti Kota Raja, sambungnya, terdapat lebih dari 5 orang fotografer yang menawarkan jasa kepada pengunjung. Kehadiran mereka di situ bukan atas nama komunitas melainkan per orang.

Untuk satu buah foto mereka mematok harga Rp 2000 dan ada potongan harga apabila foto yang dipesan tergolong banyak. Pemotretan di lokasi tersebut pun tergolong mudah, kata Aldi, sebab di obyek wisata Pantai Kota Raja telah disediakan spot indah yang memang dikhususkan sebagai spot foto.

Wati, salah satu mahasiswa di Kota Ende, mengaku bahwa dirinya mengunjungi lokasi tersebut sekedar berfoto dan menikmati sunset. Wati merasa keberadaan para fotografer cukup membantu mereka mendapatkan hasil yang bagus. Selain itu harga yang ditawarkan pun amat terjangkau bagi para pengunjung.

“Hasil foto mereka bagus-bagus, kalau soal harga saya rasa murah, tidak mahal,” kata Wati.

Wati merasa Pantai Kota Raja nampak berbeda dan lebih indah setelah ditata oleh Pemerintah Kabupaten Ende. Kendati demikian, dia mengaku ketidaan jajanan di tempat cukup mengganggu sebab mereka mesti berpindah tempat untuk menikmati jajanan. (ARA/EN)