Ende  
Topik : 

Warga Ramai Nikmati Sunset di Pantai Kota Raja, Sayang Tak Ada Jajanan

Avatar photo
Situasi Pantai Kota Raja, Kota Ende (05/04/22)
Situasi obyek wisata Pantai Kota Raja, Kota Ende (05/04/22)

Warga Kota Ende tengah keranjingan menikmati sunset atau matahari terbenam di obyek wisata Pantai Kota Raja, Kota Ende. Baik tua maupun muda, warga Kota Ende berjubel menikmati senja di lokasi yang baru saja selesai dilkukan penataan tersebut. Sayangnya, kendati ramai, obyek tersebut tersebut belum terhubung dengan aspek peningkatan ekonomi sebab tempat berjualan belum ditempati.

Pantai Kota Raja mengalami peningkatan angka kunjungan mulai awal tahun ini setelah program penataan kawasan tersebut selesai dikerjakan oleh pihak ketiga atau pelaksana pekerjaan. Seperti diberitakan sebelumnya, program penataan obyek wisata Pantai Kota Raja telah rampung pada Februari tahun ini dan sudah dilakukan serah terima kepada Pemerintah Daerah.

Setelah selesai dikerjakan kawasan tersebut mengalami peningkatan kunjungan. Setiap harinya obyek wisata tersebut mulai dikunjungi pada sore hari kira-kira pukul 15.00 Wita. Para pengunjung biasanya akan bertahan di tempat itu hingga sunset berakhir sekitar pukul 19.00 Wita. Angka kunjungan akan meningkat drastis pada akhir pekan seperti hari Sabtu atau Minggu.

Di lokasi tersebut, selain menikmati sunset, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari berolahraga, bercengkrama ataupun berfoto.

Salah satu pengunjung, Usman Hamid, yang diwawancarai media ini mengatakan, dia mengunjungi Pantai Kota Raja untuk berolahraga. Usai berlari-lari kecil di lokasi tersebut, kata Usman Hamid, dia memilih spot Pantai Kota Raja karena tidak ternganggu arus lalu lintas kendaraan.

“Di sini sepi dari kendaraan, tempatnya enak, cocok untuk olahraga,” kata Usman Hamid (05/03/22).

Usman mengaku aktivitas olahraga yang dilakukannya untuk mengisi waktu sembari menunggu Berbuka Puasa.

Berbeda dengan Usman, Wati, salah satu mahasiswa di Kota Ende, mengaku bahwa dirinya mengunjungi lokasi tersebut sekedar berfoto dan menikmati sunset. Dia merasa Pantai Kota Raja nampak indah sejak ditata dan cocok sebagai spot foto. Selain itu, dilokasi tersebut, juga terdapat para fotografer yang menyediakan jasa pemotretan sehingga jepretan yang dihasilkan lebih memuaskan, kata dia.

Namun, pantauan media, kawasan Pantai Kota Raja tidak terdapat warga yang menjajakan jualan. Warga mengaku heran dengan ketiadaan tersebut sebab menurut mereka spot tersebut mampu menambah penghasilan warga sekitar.

Ketiadaan jajanan di tempat tersebut merupakan imbas dari belum diresmikannya spot tersebut oleh Pemerintah Daerah. Padahal Pantai Kota Raja telah selesai ditata dan dilaksanakan serah terima dari pihak ketiga kepada Pemkab Ende pada Februari tahun ini.

Pemkab sendiri telah mengonfirmasi bahwa obyek wisata Pantai Kota Raja akan diresmikan pada bulan Juni tahun ini. (ARA/EN)