21 Eks Penumpang Lambelu di Ende Dipulangkan, 1 Masih Dikarantina

Avatar photo
Penumpang KM Lambelu di Ende Dipulangkan

Eks penumpang KM Lambelu asal Kabupaten Ende yang selama menjalani karantina telah dikembalikan kepada keluarga masing-masing. Ke 21 eks penumpang KM Lambelu dipulang oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende pada hari ini, Rabu 22 April 2020.

Juru bicara Tim Gugus Tugas, dr. Muna Fatma mengatakan, ke 21 eks penumpang Lambelu dipulang setelah menjalani proses karantina selama 14 hari.

“Mereka telah menjalani karantina selama 14 hari, sejak tanggal 8 Maret dan (hari) terakhir kemarin tanggal 21 April, sehingga hari ini kami pulangkan,” kata dr. Muna Fatma.

Eks penumpang Lambelu meninggalkan Rujab Bupati Ende tempat mereka dikarantina sekitar pukul 11.00 Wita. “Mereka dijemput oleh keluarga bahkan ada Kepala Desa yang ikut menjemput mereka,” jelas dr. Muna.

Dirinya mengingatkan agar masyarakat dapat menerima mereka dan tak perlu khawatir berlebih, sebab para eks penumpang ini telah melewati masa inkubasi selama 14 hari. Dengan rentan waktu itu para eks penumpang dipastikan tidak terinfeksi virus Corona.

Dirinya menambahkan, dengan pemulangan 21 eks penumpang maka masih tersisa 1 orang lagi yang sekarang masih menjalani karantina.

1 orang ini dikarantina terpisah yakni di RSUD Ende. Penumpang ini dikarantina secara terpisah karena berdasarkan Rapid Test yang dilakukan menunjukan gejala reaktif.

Terkait kapan 1 orang lagi dapat dipulangkan, Muna Fatma mengatakan pihaknya masih menunggu hasil Swab.

“Saya tidak bisa pastikan kapan, karena itu kan kewenangan ada di laboratorium Litbang Kemenkes Surabaya. Tergantung, kapan mereka selesainya,” tambah dr. Muna, hasilnya juga tidak langsung ke Gugus Tugas di Ende, tetapi melalui pemerintah pusat.(ARA/EN)