Begini persiapan Pemkab Jelang Pembukaan Piala Bupati Ende

Avatar photo
Panitia turnamen sepakbola Piala Bupati Ende Cup 2023 melakukan pembenahan stadion Marilonga jelang pembukaan turnamen (06/10/23)
Panitia turnamen sepakbola Piala Bupati Ende Cup 2023 melakukan pembenahan stadion Marilonga jelang pembukaan turnamen (06/10/23)

Pemerintah Kabupaten Ende akan menggelar turnamen sepakbola tahunan, Piala Bupati Ende 2023. Berbagai persiapan tengah dilakukan oleh kepanitian Pemkab Ende jelang pembukaan turnamen antar kecamatan tersebut.

Rencananya turnamen sepakbola Piala Bupati Ende akan digelar pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023.

“Turnamen kita mulai tanggal 7 Oktober, sekarang panitia sudah persiapkan semua, termasuk untuk ceremonial pembukaan nanti,” kata ketua panitia Piala Bupati Ende 2023, Kanisius Poto (06/10).

BACA JUGA :

Berbagai persiapan dilakukan oleh Pemkab Ende jelang pembukaan turnamen tersebut. Aspek-aspek persiapan seperti memastikan keikut-sertaan seluruh kecamatan, administrasi, pembenahan lapangan, hingga teknikal meeting telah dilaksanakan oleh panitia.

Seluruh kecamatan di Kabupaten Ende dipastikan akan mengikuti turnamen Piala Bupati Ende Cup 2023. Sementara pembenahan lapangan telah dikerjakan oleh panitia dalam satu minggu terakhir. Kepanitian Pemkab Ende juga telah melaksanakan teknikal meeting melibatkan seluruh tim pada tanggal 5 Oktober.

Sekarang ini, sambung Kanisius, dari aspek persiapan hanya tinggal izin keramaian dari Polres Ende yang masih dinanti. Kendati demikian, dirinya memastikan izin keramaian akan dikeluarkan sebab proses koordinasi antara kepanitian Pemkab Ende dan pihak Kepolisian berjalan baik dan saling mendukung.

“Jadi semua persiapan sudah oke, lapangan sudah dibenahi, administrasi sudah jalan, tinggal tunggu izin keramaian dari Polres sedang dikoordinasikan,” ucap Kanisius Poto.

Pembukaan turnamen sepakbola tahunan Piala Bupati Ende Cup berlangsung di Stadion Marilonga, Kota Ende. Kata Kanisius, acara pembukaan turnamen dimulai pukul 16.00 Wita, diawali oleh parade sebelum memasuki lapangan untuk mengikuti ceremonial pembukaan.

“Kita perkiraan mulai jam 16.00 Wita, karena sebelumnya ada parade, ada drum band, setelah itu ceremonial pembukaan,” tuturnya.

Ceremonial pembukaan sendiri akan diisi oleh sambutan Bupati Ende, laporan panitia, dan tentu saja sambutan ketua Askab Ende sebagai organisasi sepakbola di Kabupaten Ende.

BACA JUGA :

Mengenai turnamen Piala Bupati Ende tahun ini, ketua carakteker Askab Ende, Yadin Pua Rake mengatakan (04/10), pihaknya berkomitmen mendukung jalannya turnamen sebab agenda tahunan pemkab tersebut dirasa bermanfaat mengembangkan sepakbola di Kabupaten Ende.

Memang, kata Yadin, agenda Piala Bupati Ende cukup mengagetkan dirinya sebab sebagai ketua carateker, dirinya diberi kepercayaan meregistrasi anggota Askab Ende dan memastikan kesiapan Perse mengikuti Soeratin Cup di Ngada.

Namun, mengingat pentingnya turnamen tahunan bagi pengembangan sepakbola di Ende, dirinya berkomitmen membantu Pemkab Ende menyukseskan turnamen tersebut.

“Sebenarnya saya tidak berpikir ada turnamen Piala Bupati, tugas saya itu mempersiapkan tim untuk Soeratin, kita harus bawa nama baik Ende kan,” kata Yadin Pua Rake. “Tapi di sela-sela waktu itu ada turnamen ini (Piala Bupati), dan saya lihat ini bagus karena rutin setiap tahun, ya pasti kita dukung,” ucapnya. (ARA/EN)