Ende  

Event Pelangi Nusantara di Ende Resmi Dibuka

Avatar photo
Acara pembukaan Pelangi Nusantara 2020, bertempat di Lapangan Pancasila, Kota Ende (12/8/20)
Acara pembukaan Pelangi Nusantara 2020, bertempat di Lapangan Pancasila, Kota Ende (12/8/20)

Event Pelangi Nusantara di Ende tahun ini resmi dibuka oleh Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) TNI AU, Marsda Irawan Nurhadi, Rabu 12 Agustus 2020. Acara pembukaan dilaksanakan bertempat di Lapangan Pancasila, Kota Ende.

Hadir dalam acara pembukaan Wakil Gubernur NTT Yosef Nai Soi, Anggota DPD RI Asyera Respati, dan Bupati Ende Djafar Ahmad.

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

BACA JUGA : Pelangi Nusantara, TNI AU Bantu 5 Sekolah di Ende

Dalam sambutannya, Marsda Irawan Nurhadi mengatakan, Pelangi Nusantara merupakan salah satu upaya konkret TNI Angkatan Udara mendekatkan diri dengan masyarakat. Selain itu, melalui Pelangi Nusantara TNI AU berupaya membantu daerah dalam mengembangkan potensi daerah.

Berbagai potensi khususnya kedirgantaraan di daerah, menurut Marsda Irawan Nurhadi, diupayakan oleh TNI AU dipromosikan guna memperkenalkannya kepada dunia luar.

Lanjut Marsda Irawan Nurhadi, Nusa Tenggara Timur memiliki potensi dirgantara yang sangat besar dan dapat dikembangkan menjadi ikon daerah. Karena itu, TNI AU melalui Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (Fasida), organisasi yang dinaungi TNI AU, akan bekerjasama dengan Pemda mengembangkan potensi kedirgantaraan.

“Ke depan, saya berharap agar para pengurus Fasida dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk terus mengembangkan olahraga dirgantara,” kata Marsda Irawan Nurhadi.

Dalam Pelangi Nusantara kali ini, secara garis besar terdapat 3 kegiatan utama. Yakni, sosialisasi kesadaran bela negara dan minat dirgantara, demo olahraga dirgantara seperti Paralayang dan Paramotor. Dan terakhir, bhakti sosial berupa penyerahan bantuan alat medis dalam rangka penanganan Covid-19.

BACA JUGA : Dandim Wirya Arthadiguna Mulai Jalankan Tugas di Ende

Bupati Ende Djafar Ahmad dalam sapaannya mengucapkan apresiasi kepada TNI AU. Menurut Bupati Ende, event Pelangi Nusantara amat membantu pihaknya dalam promosi dan mengembangkan potensi wisata kedirgantaraan di Ende.

Setelah seremonial pembukaan, event Pelangi Nusantara dilanjutkan dengan launching Bukit Kezimara sebagai spot olahraga Paralayang. Acara launching dimeriahkan atraksi udara Paralayang dan Paramotor oleh TNI AU dan pegiat Paralayang Ende.

Selain itu, pada penyelenggaraan hari pertama ini, juga dilaksanakan pembagian sembako per kecamatan dan pemberian bantuan kepada beberapa sekolah di Kota Ende. (ARA/EN)