Ende  

Lomba, Bhakti, Hingga Literasi, Semarak Peringatan HKGB di Polres Ende

Avatar photo
Kapolres Ende, AKBP Ngurah Joni bersama Ketua Bhayangkari Polres Ende, Ny. Dhana Ngurah Joni saat menyaksikan lomba voly memeriahkan peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) di Polres Ende, Rabu 11 Oktober 2023
Kapolres Ende, AKBP Ngurah Joni bersama Ketua Bhayangkari Polres Ende, Ny. Dhana Ngurah Joni saat menyaksikan lomba voly memeriahkan peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) di Polres Ende, Rabu 11 Oktober 2023

Peringatan HUT Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) tahun ini nampak semarak di Polres Ende. Semarak HUT ke 71 korps istri para Polisi tersebut diisi berbagai kegiatan mulai dari lomba, bhakti sosial, hingga literasi.

Semarak peringatan HKGB digelar lebih dari sepekan dan akan berpuncak pada hari Sabtu, 19 Oktober 2023.

BACA JUGA

Semarak HKGB tahun ini dirayakan tak sebatas perlombaan  melainkan diisi dengan kegiatan-kegiatan bhakti sosial. Penuturan ketua Bhayangkari Polres Ende, Ny. Dhana Ngurah Joni (11/10/23), Bhayangkari Polres Ende menggelar lomba Voly, lomba balita sehat, bhakti sosial pemberian bantuan, serta membangun taman baca untuk menggalakkan literasi.

Bhakti sosial sendiri terdiri dari program pengurus Bhayangkari Polres Ende dan program Polri secara nasional yang tengah digalakkan saat ini.

Bhakti sosial tingkat Polres dilakukan dengan memberikan bantuan sosial kepada para purnawirawan Polri, sementara bhakti sosial tingkat nasional dilakukan dengan terlibat aktif membantu pemerintah mengatasi persoalan stunting.

Pemberian bantuan kepada para purnawirawan, sebutnya, merupakan bentuk perhatian Bhayangkari terhadap para Polisi yang telah memasuki masa purna bhakti.

“Kita akan mendatangkan pensiunan, purnawirawan Polri dan juga Warakawuri yang ada di wilayah hukum Polres Ende ini lalu kita akan memberikan bantuan sosial,” kata Ny. Dhana Ngurah Joni (11/10). “Walaupun sudah tidak menjadi anggota aktif tetap kami perhatikan,” sambungnya.

BACA JUGA 

Selain itu, untuk melanjutkan program Polri secara nasional, Bhayangkari Polres Ende melakukan gerakan yang ditujukan membantu pemerintah mengatasi persoalan stunting. Bhayangkari Polres Ende melakukan pemberian bantuan dan telah dilakukan selama ini saat turun langsung menemui masyarakat di desa-desa.

Karena itu juga, kata dia, dalam peringatan HKGB kali ini diselipkan salah satu lomba yang berkaitan dengan stunting yakni lomba balita sehat.

Bhayangkari Polres Ende juga tengah disibukkan membangun taman baca yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum, terutama anak-anak. Taman baca yang dibangun di depan halaman Polres Ende ini bertujuan menggalakkan literasi kepada masyarakat umum.

Jika telah diresmikan, sambungnya lagi, pengelolaan taman baca akan bekerjasama dengan berbagai pihak diantaranya perpustakaan daerah untuk memperbaharui referensi.

“Kami juga sedang membangun pojok baca, taman baca itu juga salah satu program dari Bhayangkari untuk meningkatkan literasi. Kita kan tahu sendiri di Indonesia ini sangat-sangat kurang daya baca anak-anak jadi kita membuatnya di sini, di Polres,” lanjutnya. “Jadi nanti kalau ada masyarakat yang datang ke Polres, sambil menunggu bisa membaca di situ”.

Tak hanya di Polres, semarak peringatan HKGB tahun ini juga berlangsung di 10 Polsek di seluruh Kabupaten Ende. Uniknya lagi, Kapolres Ende dan Ketua Bhayangkari turun langsung ke Polsek-polsek memeriahkan perlombaan. (ARA/EN)