Percepat Data Kelahiran dan Kematian, Dukcapil Ende Gandeng Rumah Sakit

  • Bagikan
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende, Lambertus Sigasare

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende tengah menyiapkan program baru. Hal tersebut dipaparkan Kepala Dinas Lambertus Sigasare, saat kantornya disambangi Bupati Ende (19/11/20).

Dukcapil Ende sekarang ini tengah mempersiapkan program guna mempercepat data administrasi terkait kelahiran dan kematian. Menurut Lambertus Sigasare program tersebut akan melibatkan 6 Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Ende.

BERITA TERKAIT :

Dijelaskannya, jika program itu telah berjalan maka warga tidak perlu lagi mengantri mengurus data kelahiran atau kematian. Sebab, adanya program tersebut membuat data kelahiran dan kematian terkoneksi dengan Rumah Sakit.

Mekanismenya, ketika ada kematian atau kelahiran maka pihak Rumah Sakit mengirimkan data kepada Dukcapil untuk diproses.

Dukcapil, setelah menerima data dari Rumah Sakit, langsung mengurus surat-surat yang berkaitan dengan kelahiran atau kematian.

Untuk kelahiran maka Dukcapil mengeluarkan Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), dan pembaharuan pada Kartu Keluarga (KK).

Jika Dukcapil menerima data kematian dari Rumah Sakit maka segera dikeluarkan surat-surat terkait, seperti Surat Kematian, memperbaharui Kartu Keluarga, dan lainnya.

Sekarang ini, menurut Lambertus, pihaknya tengah menjajaki kerjasama dengan 6 Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Ende. Rencananya program tersebut akan diluncurkan paling lambat awal tahun 2021. (ARA/EN)

  • Bagikan