PS Kecamatan Kelimutu Pakai “Bule” Main di BEC 2023

Avatar photo
Nikolay Martin Zuber, bule Jerman, tampil pada laga perdana PS Kelimutu dalam turnamen sepakbola Bupati Ende Cup, Senin 9 Oktober 2023.
Nikolay Martin Zuber, bule Jerman, tampil pada laga perdana PS Kelimutu dalam turnamen sepakbola Bupati Ende Cup, Senin 9 Oktober 2023.

Persatuan Sepakbola (PS) Kecamatan Kelimutu memakai pemain luar negeri alias bule dalam gelaran Bupati Ende Cup (BEC) tahun 2023. Hal tak terduga itu diketahui saat Kecamatan Kelimutu memainkan laga perdana turnamen antar kecamatan tersebut (09/10/23).

Dalam line up pemain yang diturunkan pada laga perdana melawan Kecamatan Kota Baru, terlihat salah satu pemain PS Kelimutu berperawakan bule. Si bule diturunkan sebagai starter dan sempat bermain sekitar 10 menit.

BERITA TERKAIT

Pemain bule itu bernama Nikolay Martin Zuber, 18 tahun, bule asal negara Jerman. Kata Yuven Ndoi, asisten manajer PS Kelimutu, Nikolay merupakan wisatawan yang tengah menghabiskan masa liburan sekolah di Indonesia.

“Namanya Nikolay Martin Zuber,” kata Yuven Ndoi (09/10). “Dia datang libur di sini,” ucapnya.

Ceritanya, saat PS Kelimutu tengah melengkapi skuad di BEC, Nikolay tengah liburan di Moni, Kecamatan Kelimutu, menikmati ikon pariwisata Ende, danau Kelimutu. Nikolay tertarik dengan kompetisi sepakbola tersebut dan ingin melibatkan diri.

Niat Nikolay akhirnya diwujudkan oleh pengurus tim PS Kelimutu, sebut Ndoi.

Adanya Nikolay dalam skuat PS Kelimutu lebih didasari oleh aspek promosi wisata mengingat kecamatan Kelimutu sebagai ikon pariwisata Kabupaten Ende. Selain itu, Kecamatan Kelimutu juga ingin menunjukkan antuasiasme turis mancanegara terhadap kehidupan masyarakat Ende.

“Karena kami, Kecamatan Kelimutu, ikon pariwisata Kabupaten Ende jadi kami mau tunjukkan bahwa turis asing ingin beradaptasi, dia ingin bermain di sini,” tuturnya.

Pada sisi sebaliknya, sambung Ndoi, antusiasme Nikolay merupakan kesempatan bagi Kecamatan Kelimutu menunjukkan aspek penerimaan masyarakat, pelayanan dan promosi wisata. Keikut-sertaan Nikolay akan menjadi cerita positif tentang pariwisata Ende dan Flores pada umumnya.

“Dia pulang, dia bawa cerita yang positif tentang Flores,” kata Ndoi.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, pelatih PS Kelimutu, Emanuel Wara mengatakan, kehadiran Nikolay dalam timnya merupakan hal positif sebab timnya dapat membantu pemerintah mempromosikan Kelimutu sebagai ikon pariwisata Kabupaten Ende.

Lagipula, tahun ini PS Kelimutu tampil tanpa target juara mengingat waktu persiapan yang cuma 3 hari, kata Emanuel. Karena itulah promo wisata menjadi target lain PS Kelimutu dalam keikut-sertaan tahun ini.

“Saya sebagai pelatih juga tidak tahu, dia (Nikolay) pemain yang bagaimana, tetapi kita mau bikin supaya ada sesuatu di turnamen ini,” kata Emanuel Wara. “Ada sesuatu yang kita bikin untuk semua, untuk kita punya Ende, karena kami dari Kelimutu kan daerah pariwisata jadi kita promosikan,” sambungnya.

Nikolay akan bersama skuad PS Kelimutu hingga akhir turnamen. Selama masa itu, Nikolay menjalani hari-harinya sebagai pemain PS Kelimutu, dia berlatih dan tinggal di penginapan bersama pemain lainnya.

Untuk diketahui, PS Kelimutu berhasil memenangkan laga perdana melawan PS Kecamatan Kota Baru dengan skor telak, 3-0. Pertandingan kedua PS Kelimutu akan berlangsung pada Selasa (10/10), melawan Kecamatan Lepkes. (ARA/EN)