Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Siapa Juventus Prima, Putra Flores di Samping Kaesang

Avatar photo
Ketum PSI Kaesang Pangareb, Juventus Prima Yoris Kago, dan Sekjend PSI Raja Juli Antoni menyaksikan konser di Pantai Kota Raja, Kota Ende (27/12/23)
Ketum PSI Kaesang Pangareb, Juventus Prima Yoris Kago, dan Sekjend PSI Raja Juli Antoni menyaksikan konser di Pantai Kota Raja, Kota Ende (27/12/23)

Kunjungan ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangareb di Kota Ende pada 27 dan 28 Desember 2023 memang penuh dengan kejutan.

Salah satu kejutan ialah kehadiran wajah baru asal Flores di dalam rombongan Kaesang. Ia bernama Juventus Prima Yoris Kago.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Juventus Prima berada dalam rombongan Kaesang ketika melakukan safari politik di dua kabupaten, Sikka dan Ende.

BACA JUGA

Saat Kaesang Pangareb menghadiri acara konser di Pantai Kota Raja, Kota Ende, 27 Desember 2023, Juventus Prima hadir mendampingi dan terlihat akrab dengan Kaesang. Juventus duduk persis disamping Kaesang menyaksikan acara konser yang digelar menyambut kedatangan ketua umum PSI tersebut.

Kejutan pun terjadi ketika Juventus diberikan kesempatan oleh Kaesang menyapa warga Ende. Warga seketika kaget mendengar Juventus Prima menyapa menggunakan dialeg etnis Ende-Lio.

“Saya ata Lio, saya ata Lio yang di Maumere,” sapa Juventus Prima disambut riuh tepuk tangan warga. Mereka tak menyangka ada putra Flores di rombongan Kaesang.

Kaesang pun tak sungkan menunjukkan keakrabannya dengan Juventus Prima. Ia lantas menitipkan Juventus Prima kepada warga Ende.

Hal sama juga ditunjukkan Kaesang saat melakukan tatap muka dengan relawan Bara JP Ende pada 28 Desember 2023. Kaesang kembali menitipkan Juventus Prima kepada relawan dan kaum milenial yang hadir.

“Kakak Juventus ini teman saya. Beliau caleg DPR RI dapil NTT 1. Jangan lupa ya,” kata Kaesang Pangareb.

BACA JUGA

Keakraban dengan Kaesang membuat publik bertanya-tanya mengenai sosok Juventus Prima Yoris Kago.

Dalam penelusuran media ini, Juventus Prima Yoris Kago diketahui kelahiran Maumere tanggal 30 Mei 1991. Ia merupakan alumnus SMPK Frateran Maumere dan SMAK Frateran Maumere.

Setelah itu, saat menempuh perkuliahan di Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Juventus Prima bergabung dengan organisasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia alias PMKRI.

Keaktifannya dalam dunia pergerakan membuatnya terpilih sebagai ketua presidium PMKRI Kupang pada tahun 2014.

Statusnya sebagai ketua PMKRI Kupang tak lantas membuat Juventus Prima tepuk dada. Ia tetap aktif dalam dunia pergerakan hingga akhirnya terpilih sebagai ketua PMKRI Pusat tahun 2018.

Dunia pergerakan mahasiswa juga tak membuatnya kehilangan kontrol atas perkuliahan. Usai menyelesaikan Pendidikan di Universitas Nusa Cendana pada tahun 2008, Juventus Prima melanjutkan karir pendidikan Pasca Sarjana di Universitas Trisakti, Jakarta, dan lulus pada tahun 2020.

Setelah itu Juventus Prima sempat bekerja sebagai PA Staf Khusus Presiden RI sebelum memutuskan melanjutkan karir di dunia politik.

Juventus bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia atau PSI dan maju sebagai calon anggota DPR RI dari dapil 1 NTT. (ARA/EN)