Total, Ada 19 Orang Dinyatakan Reaktif Hasil Rapid Test di Ende

Avatar photo
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, dokter Muna Fatma di Posko Penanganan
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, dokter Muna Fatma di Posko Penanganan (8/5/20)

Secara keseluruhan, tercatat 19 orang dinyatakan reaktif hasil Rapid Test yang terdata oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende. Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Tim Gugus Tugas, dokter Muna Fatma (9/5/20).

Rinciannya terdiri dari, 6 orang berasal dari klaster Gowa, 5 orang dari klaster Magetan, 5 orang yang melakukan test kesehatan di Laboratorium Mahardhika, dan 3 orang hasil pengembangan Tim Gugus Tugas terhadap warga yang dicurigai kontak erat dengan klaster Gowa.

Dokter Muna menjelaskan, setelah mendapati hasil reaktif terhadap 6 orang klaster Gowa, pihaknya melakukan pengembangan. Terdapat 35 orang yang diperiksa dalam pengembangan. Hasilnya ditemukan 3 orang dinyatakan reaktif.

Setelah itu dilakukan penelusuran terhadap klaster Magetan. Dari klaster ini terdapat 24 orang menjalani Rapid Test. Hasilnya ditemukan 5 orang reaktif.

“Dari 24 itu, 5 reaktif dan 19 dinyatakan non reaktif,” jelas dokter Muna.

Lalu, pada hari Jumat (7/5/20), Gugus Tugas menerima surat dari Laboratorium Mahardhika. Isi surat mengatakan, telah ditemukan 5 orang reaktif setelah melakukan check kesehatan di Laboratorium tersebut.

Dari total 19 orang reaktif tersebut, menurut dokter Muna, sebanyak 6 sampel dari klaster Gowa telah dikirim untuk dilakukan tes Swab. Sementara 13 sisanya akan segera menyusul. (ARA/EN)