Uniknya Karir Heri Wadhi, Selalu Gantikan Marsel Petu Diposisi Pimpinan

Avatar photo
Marselinus Y. W. Petu dan Herman Josef Wadhi
Marselinus Y. W. Petu dan Herman Josef Wadhi

“Aneh tapi nyata”, itulah yang terbersit ketika mengetahui perjalanan karir ketua Golkar Ende saat ini, Heri Wadhi. Pasalnya, Heri, selalu menggantikan posisi pimpinan yang dijabat oleh seniornya, mendiang Marsel Petu.

Posisi-posisi itu beragam, mulai dari pimpinan perusahaan, legislatif, hingga partai politik.

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

Heri Wadhi pernah menggantikan posisi Marsel Petu sebagai pimpinan CV Sa’o Ria Plan. Setelah itu ia menggantikan posisi Marsel di DPRD Ende sebagai ketua. Dan terakhir, Heri menjabat ketua Golkar sesudah Marsel Petu meninggal dunia.

Heri dan Marsel diketahui sudah saling mengenal ketika keduanya masih belia. Hubungan itu menjadi akrab saat sama-sama berkuliah di Kota Malang. Mereka sering kumpul-kumpul layaknya mahasiswa pada umumnya, kendati saat itu Marsel jauh lebih senior dibanding Heri.

Dalam perjalanan selanjutnya, tali persahabatan mereka berubah menjadi proses kader-mengkaderkan. Dalam penelusuran Ende News mengenai Perjalanan Politik Marsel Petu, proses itu diketahui berawal dari Sa’o Ria Plan.

Sa’o Ria Plan merupakan perusahaan konsultan yang didirikan oleh Marsel Petu pada 1995. Satu tahun setelah didirikan Marsel Petu mengajak Heri Wadhi bergabung.

Pada 1998, barangkali merasa Sa’o Ria Plan telah mapan, Marsel memutuskan melanjutkan karier di partai politik. Marsel Petu kemudian maju sebagai Caleg dari partai Golkar, dan lolos menjadi anggota legislatif pada Pemilu tahun 1999.

Dengan lolosnya Marsel maka ditunjuklah Heri Wadhi sebagai pelaksana Sa’o Ria Plan. Inilah momen pertama kali Heri Wadhi menggantikan posisi Marsel sebagai pimpinan.

Setelah itu, Heri Wadhi, ternyata mengikuti jejak seniornya sebagai anggota legislatif. Heri menjadi anggota DPRD Ende, sedangkan Marsel Petu telah lebih cemerlang dengan menjadi ketua DPRD.

Pada tahun 2014 posisi ketua DPRD Ende ditinggalkan Marsel Petu karena terpilih sebagai Bupati Ende. Menariknya, Heri Wadhi kembali menggantikan Marsel Petu selaku pimpinan DPRD Ende. Heri dilantik menjadi ketua DPRD Ende pada 27 Agustus 2014.

Perjalanan karir yang unik ini terjadi lagi pada roda kepemimpinan di partai Golkar Ende. Pasca meninggalnya Marsel Petu selaku ketua Golkar, lagi-lagi Heri Wadhi menggantikannya diposisi pimpinan. Heri terpilih sebagai ketua dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Golkar, pada 25 Juli 2019. (ARA/EN)