Belum Dua Bulan Menjabat, Kapolres Ende Dimutasi Menjadi Kapolres Demak

Avatar photo
Kapolres Ende AKBP Andhika Bayu Adhitama, SIK, MH
Kapolres Ende, AKBP Andhika Bayu Adhitama, SIK, MH (25/6/20)

AKBP Andhika Bayu Adhitama, SIK, MH, yang belum lama ini menggantikan AKBP Achmad Muzayin, SIK, sebagai Kapolres Ende kembali dimutasi. Selanjutnya, AKBP Andhika Bayu Adhitama akan menempati jabatan sebagai Kapolres Demak, Jawa Tengah.

Rotasi jabatan ini tergolong cepat lantaran AKBP Adhika Bayu Adhitama baru menempati jabatan tersebut terhitung sejak terbitnya perintah Kapolri tanggal 1 Mei 2020. Atau belum sampai dua bulan lalu.

AKBP Andhika Adhitama yang diwawancarai Ende News usai rapat bersama rapat bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengatakan, rotasi jabatan dalam lingkup Kepolisian merupakan hal biasa. Dirinya menegaskan siap ditempatkan di manapun sesuai perintah.

“Kalau hitungan telegram ke telegram itu, terhitung 1 Mei sebagai Kapolres Ende sampai dengan sekarang ini tanggal 25 Juni. Soal perpindahan, sesuai perintah pimpinan, pasti saya laksanakan,” kata AKBP Andhika Adhitama.

Karier AKBP Andhika Adhitama

AKBP Andhika Bayu Adhitama merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2000. Kepada media ini, dirinya menceritakan, setelah lulus dari Akpol dia ditugaskan di Surabaya, Jawa Timur lalu di daerah Sumatra.

Usai 4 tahun bertugas di Sumatra dirinya dipromosikan melanjutkan sekolah kedinasan di  Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Kariernya berlanjut di Mabes Polri, Jakarta setelah menyelesaikan studi.

Dari Mabes Polri perjalanan kariernya berlanjut ke Solo, Jawa Tengah. Di daerah ini dia ditempatkan diberbagai tugas. “Beberapa kali menjadi Kapolsek, Kasat, Kabag, sampai Wakapolres,” jelasnya.

Setelah itu dirinya kembali menempuh pendidikan kedinasan di Sekolah Staf dan Pimpinan  Menengah (Sespimmen). Nah, usai menyelesaikan studi di Sespimmen inilah AKBP Andhika Adhitama ditugaskan di NTT. Mulanya dia berdinas di Polda NTT.

Namun tak berlangsung lama, sekitar 6 bulan kemudian, dirinya diangkat sebagai Kapolres Ngada. Di daerah tersebut AKBP Andhika Adhitama bertugas selama 1 tahun 6 bulan.

Tanggal 1 Mei tahun 2020 dirinya menerima surat perintah Kapolri  tentang pemindahannya ke Kabupaten Ende. Masih dalam  jabatan yang sama, Kapolres.

Tak sampai 2 bulan bertugas di Ende, pada 25 Juni 2020, dirinya kembali dirotasi menjadi Kapolres Demak, Jawa Tengah. Dengan perpindahan tersebut maka dirinya tercatat sebagai Kapolres Ende dengan masa jabatan paling singkat.

Mengenai proses selanjutnya yakni serah terima jabatan kepada Kapolres Ende yang baru, dirinya mengatakan akan dilaksakan dalam waktu dekat. “Biasanya dilakukan dua atau tiga minggu setelah terbitnya surat perintah,” tuturnya. (ARA/EN)